tujuan keterampilan bentuk diajukan dalam gall dikenal negeri merujuk terdapat telah secara ketika 2817 peneliti melalui berbasi pengetahuan membuat selama diinginkan sangat perlu pemahaman lebih cara DAN pelatihan adapun meningkatkan penilaiannya sistem diinyatakan lingkungannya baik melakukan partisipatif kurangnya produk penilaian kemudian rumusan hasil 115 maka didik puisi dikemukakan tanggapan kognitif instumen yang tertinggi prose adanya menunjukkan inovasi IMPLIKASI utara penelitian kompetensi penguasaan perubahan suatu tim uji mengubah agar sebagai ahli kehidupan jumlah kegiatan dinyatakan siswa yaitu pembelajaran dilakukan karena SARAN aktif menggunakan mengukur validasi pengujian kurikulum borg materi sehingga sekolah optimal mengajar mengikuti berada dimaksudkan masih sekitar aspek berikut evaluasi kemampuan layak menjadi kesempatan dan saran assessment oleh setiap peserta bahasa 2013 afektif mempertanggungjawabkan haru dikembangkan menggantikan kepada rata diperoleh SMA coba sesuai dilaksanakan simpulan temuan autentik pretest melaksanakan direct instrumen langsung dihasilkan standar memanfaatkan rantau implikasi pada poste belajar dari berdasarkan item cukup untuk khususnya tradisional kela 113 guru bahwa divalidasi kepala elemen dapat desain bukti memudahkan digunakan SIMPULAN dominan tahapan diberikan saat tuntutan nilai kategori pengembangan merupakan nyata BAB mendukung ini indonesia bagi model mengarah psikomotorik dengan kriteria diimplementasikan pembahasan memberikan kesimpulan terendah kebutuhan disarankan 114 atau beberapa ditarik