PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA CEPAT BERBASIS STRATEGI PANDUAN ANTISIPASI PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X MAS SINAR ISLAMI BINGAI

Sari, Fatma (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA CEPAT BERBASIS STRATEGI PANDUAN ANTISIPASI PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X MAS SINAR ISLAMI BINGAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156192006 COVER.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156192006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156192006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156192006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156192006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156192006 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156192006 TABLE.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156192006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 8156192006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156192006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan bahan ajar membaca cepat berbasis strategi panduan antisipasi pada teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X MAS Sinar Islami Bingai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R & D) yang dikemukakan oleh Sugiyono merujuk pada model Borg & Gall. Subjek uji coba terdiri dari 3 siswa dengan uji coba perorangan, 9 siswa dengan uji coba kelompok kecil, dan 18 siswa dengan uji coba lapangan terbatas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan tes membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 85,15% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 90,38% pada kriteria sangat baik, dan aspek bahasa dengan rata-rata 89,42% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 82,41% pada kriteria sangat baik, aspek ukuran modul dengan skor rata-rata 87,5%, desain sampul modul (cover) dengan skor rata-rata sebesar 85,71%, dan desain modul dengan skor rata-rata sebesar 80,55%. (3) respon guru dengan rata-rata 91,91% pada kriteria sangat baik, (4) uji coba perorangan dengan rata-rata 76,85% pada kriteria baik, (5) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 81,56% pada kriteria sangat baik, dan (6) uji lapangan terbatas dengan rata-rata 87,37% pada kriteria sangat baik. Hasil belajar tes membaca cepat siswa sebelum menggunakan modul sebesar 68, sedangkan hasil belajar tes membaca cepat teks laporan hasil observasi siswa sesudah menggunakan modul meningkat sebesar 86,67. Selisih yang diperoleh sebesar 18,67 dari sebelum ke sesudah. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar membaca cepat teks laporan hasil observasi yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis strategi panduan antisipasi. Implikasi penelitian ini adalah untuk memberikan sumbangan praktis terutama dalam pelaksanaan pembelajaran bagi guru sebagai bahan ajar tambahan dan sebagai sarana yang membantu dan memudahkan siswa dalam memahami materi membaca cepat teks laporan hasil observasi sehingga dapat diaplikasikan pada kehidupan masing-masing.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAdisaputera, Abdulrahman19710011994021001
Thesis advisorMarice, 196311201992032003
Call Number: 411 Sar p
Keywords: Pengembangan, bahan ajar, teks, modul
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P98 Computational linguistics. Natural language processing
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Sep 2018 07:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30892

Actions (login required)

View Item View Item