KONSTRUKTIVISME JEAN PIAGET DALAM TEORI BERMAIN, SUATU PEMBELAJARAN SENI PADA ANAK

Saragi, Daulat (2014) KONSTRUKTIVISME JEAN PIAGET DALAM TEORI BERMAIN, SUATU PEMBELAJARAN SENI PADA ANAK. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Seni 2 Reorientasi Pendidikan Seni di Indonesia, 15-16 Oktober 2014, Surabaya.

[img]
Preview
Text
102 MAKALAH Daulat Saragi ke SURABAYA.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview

Abstract

Bermain adalah dunia anak-anak, dengan bermain mereka menemukan jati dirinya. Pendidikan Seni pada usia anak-anak masih dalam tataran bermain. Anak harus dibebaskan untuk mengekspresikan emosinya secara spontanitas terhadap sesuatu yang ia ketehui melalui inteleknya. Peran guru harus menjadi pembimbing yang menolong anak untuk berani berekspresi dan mendapatkan kepercayaan diri untuk mengungkapkan kreativitasnya tanpa ragu. Tulisan ini ingin menganalisis teori konstruktivisme dalam hubungannya dengan teori bermain dalam pembelajaran seni pada anak, dan bertujuan untuk menjelaskan secara rinci hakikat bermain bagi anak dan hakikat belajar kesenian bagi anak. Karya seni anak bukanlah hasil akhir dari sesuatu yang dilakukan melainkan lebih menitikberatkan pada proses sesuatu itu dilakukan. Gambar binatang bukanlah hasil akhir, melainkan proses menggambar binatang yang sesuai dengan tangkapan emosinya, dan pengalamannya tentang binatang atau objek lainnya, itulah dunia anak-anak berkesenian.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Jean Pieget; Teori bermain; Pembelajar seni pada anak
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching
N Fine Arts > ND Painting > ND1115 Study and teaching
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 04 Sep 2018 03:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30890

Actions (login required)

View Item View Item