HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR INTERNET DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Rizkinta, Elga Novira (2017) HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR INTERNET DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan sumber belajar internet dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 014680 Buntu Pane. Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Melalui korelasional akan dicari hubungan antara dua variabel yaitu pemanfaatan sumber belajar internet dengan motivasi belajar siswa hasil. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 014680 Buntu Pane yang berjumlah 50 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling/boring sampling yakni seluruh siswa kelas V terdiri dari kelas V A yang berjumlah 28 siswa dan V B yang berjumlah 22 siswa. Data tentang pemanfaatan sumber belajar internet dan motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan metode angket. Dari hasil penelitian diperoleh skor angket pemanfaatan sumber belajar internet dalam keadaan sedang, yaitu dengan skor rata-rata 30,14 sedangkan motivasi belajar siswa diperoleh dalam keadaan sedang, yaitu dengan skor rata-rata 46,8. Analisis data dilakukan dengan rumus Product Moment. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan, terdapat Hubungan yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar internet dengan motivasi belajar siswa kelas V dengan rxy> rtabel yaitu 0,646 > 0,246 dan nilai thitung > t tabel yaitu 7,22 > 2,011. Sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima dan teruji kebenarannya pada taraf α = 0,05. Sebelum melakukan teknik analisis data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yakni dengan uji normalitas dan uji linieritas yang dapat diperoleh hasilnya kedua variabel berdistribusi normal (Sumber belajar internet memiliki nilai 0,10 dengan taraf α = 0,05 dan juga motivasi belajar siswa memiliki nilai 0,10 dengan taraf α = 0,05) dan memiliki model regresi linier sebesar 0,403 (di atas 0,05). Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dan dilakukan berbagai uji persyaratan analisis data terbukti bahwa Pemanfaatan Sumber Belajar Internet memiliki Hubungan yang positif dan signifikan dengan Motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 014680 Buntu Pane T.A 2016/2017.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Sumber belajar; Motivasi belajar; Internet
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Aug 2018 07:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30836

Actions (login required)

View Item View Item