MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD

Hutagalung, Roninda and Halimatussakdiah, (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD. Elementary School Journal, 1 (1). pp. 20-26. ISSN 2355-1747

[img]
Preview
Text
FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementa...

Abstract

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian tindakan kelas ﴾PTK﴿.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 152988 Bonandolok 1 Kec. Sitahuis Kab. Tapanuli Tengah yang berjumlah 25 orang siswa.Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media gambar dalam meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas III SD Negeri 152988 Bonandolok 1 Kec. Sitahuis Kab. Tapanuli Tengah. Alat yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi yaitu pengamatan awal, siklus I, siklus II.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 66,4 , pada waktu siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79,52 Berarti hasil yang diperoleh siswa pada siklus II sudah mencapai tingkat kemampuan secara keseluruhan.

Item Type: Article
Keywords: Bercerita; Media Gambar; Bahasa Indonesia
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P95 Oral communication. Speech
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 10 Aug 2018 01:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30809

Actions (login required)

View Item View Item