REVITALISASI LEMBAGA PENDIDIKAN GURU KEJURUAN UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SMK DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN ABAD 21

Lisyanto (2016) REVITALISASI LEMBAGA PENDIDIKAN GURU KEJURUAN UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SMK DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN ABAD 21. In: Asosiasi Pendikan Teknologi dan Kejuruan Indonesia (APTEKTINDO), Medan.

[thumbnail of 5) Prosiding Unimed.pdf]
Preview
Text
5) Prosiding Unimed.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru memiliki peran penting dalam proses pembelajaran, yakni sebagai sutradara sekaligus aktor
dalam skenario pembelajaran. Dalam mengemban tugasnya, guru tidak hanya menjalankan fungsi alih ilmu
pngetahuan (transfer of knowledge) tetapi juga berfungsi untuk menanamkan nilai (value), menjadi fasilitator,
inspirator, serta pembangun skill dan karakterpeserta didik secara berkelanjutan. Guru pendidikan kejuruan
memiliki karakteristik yang berbeda dengan guru pendidikan non kejuruan. Secara khusus guru kejuruan dituntut
untuk memiliki kemampuan teoritik dan praktik kejuruan serta pengalaman kerja di dunia kerja atau industri.
Tuntutan kompetensi guru Sekolah Menengan Kejuruan (SMK) semakin meningkat seiring dengan tuntutan
terhadap tingginya kualitaslulusan SMK. Di abad 21 ini pendidikan menjadi semakin penting untuk menjamin
peserta didik memiliki keterampilan belajar dan berinovasi, keterampilan menggunakan teknologi dan media
informasi, serta dapat bekerja dan bertahan dengan menggunakan keterampilan untuk hidup (life
skills).Keterampilan abad 21 tersebut tentunya telah menjadi orientasi pembelajaran di SMKsehingga
pengimplementasiannya membutuhkan ketersediaan guru yang profesional. Lembaga Pendidikan Tenaga
Kependidikan (LPTK) sebagai penghasil guru termasuk guru kejuruan harus membekali lulusannya dengan
berbagai kompetensi yang dibutuhkan oleh SMK terutama terkait implementasi model-model pembelajaran abad
21. Dalam kenyataannya para calon guru SMK yang dibina oleh LPTK masih memiliki banyak kekurangan terkait
dengan kompetensi keprofesionalan. Oleh karena itu, perlu dilakukan revitalisasi lembaga pendidikan guru
kejuruan guna menjawab tantangan kekinian yang dihadapi oleh SMK.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Revitalisasi; kejuruan; pembelajaran; skill; SMK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 02 Aug 2018 02:11
Last Modified: 02 Aug 2018 02:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30783

Actions (login required)

View Item
View Item