UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU KETERAMPILAN MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI WORKSHOP DI SMA SUB RAYON 05 MEDAN

Hasibuan, Nilam Cahaya (2010) UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU KETERAMPILAN MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI WORKSHOP DI SMA SUB RAYON 05 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500081188130073 Abstrak.pdf]
Preview
Text
1500081188130073 Abstrak.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188130073 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1500081188130073 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188130073 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
1500081188130073 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (521kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188130073 Bab I.pdf]
Preview
Text
1500081188130073 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1500081188130073 Bab V.pdf]
Preview
Text
1500081188130073 Bab V.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188130073 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
1500081188130073 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana upaya kepala sekolah meningkatkan kompetensi guru membuat perangkat pembelajaran, khususnya pelajaran keterampilan. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah kompetensi guru membuat perangkat pembelajaran dapat meningkat melalui workshop.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Medan selama 3 (tiga) bulan yaitu bulan Juni sampai dengan Agustus 2010. Subject penelitian adalah guru keterampilan SMA Sub Rayon 05 Medan sebanyak 10 (sepuluh) orang, kepala sekolah4 (empat) orang. Objek penelitian adalah perangkatpembelajaran keterampilan.Hasil analisis data membuat perangkat pembelajaran keterampilan pada siklus I (satu) pertemuan I (satu) adalah 45,71% siklus I adalah 36,64, siklus 2 pertemuan I adalah 55,00, siklus 2 pertemuan 2 adalah 87,55, penilaian pembelajaran keterampilan meningkat dari 36,64 menjadi87,55. Peningkatan nilai rata-rata kompetensi guru keterampilan: 87,55 %— 36,64 % = 50,91 %.Implikasi penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru membuat perangkat pembelajaran meningkat sehingga diharapkan kompetensi tersebut dapat diterapkan dalam peningkatan kualitas pembelajaran ketarampilan melalui pembuatan perangkat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.238 Has u
Uncontrolled Keywords: Sekolah; Guru; Keterampilan; Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 24 May 2016 08:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3076

Actions (login required)

View Item
View Item