PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA BIOLOGI BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI INDERA PENDENGARAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTS

Fadhillah, Ratna (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA BIOLOGI BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI INDERA PENDENGARAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTS. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156174031 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156174031 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8156174031 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8156174031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8156174031 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8156174031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156174031 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156174031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8156174031 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8156174031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8156174031 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8156174031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8156174031 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8156174031 TABLES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8156174031 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156174031 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8156174031 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8156174031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8156174031 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8156174031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8156174031 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8156174031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengembangkan media interaktif IPA biologi
berbasis saintifik pada materi “Indera Pendengaran pada Manusia” yang sesuai
dengan kurikulum 2013, (2) Untuk mengetahui tingkat kelayakan media interaktif
IPA biologi berbasis saintifik pada materi “Indera Pendengaran pada Manusia”
yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum 2013, (3) Untuk mengetahui
efektifitas media interaktif IPA biologi berbasis saintifik pada materi “Indera
Pendengaran pada Manusia” yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum 2013.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D)
yang diadopsi dari Borg & Gall. Penelitian ini dibagi menjadi empat tahap, yaitu:
(1) Tahap menganalisis kebutuhan awal, (2) Tahap pengembangan media
pembelajaran, (3) Tahap validitas media pembelajaran, (4) Tahap uji efektifitas.
Hasil keseluruhan penelitian menunjukkan: (1) Hasil kebutuhan awal atau
persepsi guru tentang pengembangan media pembelajaran diperoleh rata-rata skor
sebesar 4,4 dengan kategori sangat perlu, (2) Media pembelajaran interaktif
dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran, (3) Hasil rata-rata persentase
ahli materi terhadap media pembelajaran dengan kategori sangat baik (90,77%)
dan ahli desain terhadap media pembelajaran dengan kategori sangat baik (90%).
Hasil rata-rata penilaian respon oleh 5 (lima) guru MGMP dengan rata-rata
persentase sebesar 84,8%. Hasil uji coba perorangan oleh siswa terhadap media
pembelajaran berada pada kriteria baik dengan rata-rata skor 4,07. Hasil uji coba
kelompok kecil oleh siswa terhadap media pembelajaran berada pada kriteria baik
dengan rata-rata skor 4,14 dan hasil uji coba kelompok terbatas pada kriteria baik
dengan rata-rata skor 4,15, (4) Produk akhir pengembangan media pembelajaran
ini dilanjutkan dengan uji efektifitas produk dengan sampel penelitian sebanyak
64 siswa yang terdiri dari 32 siswa sebagai kelas eksperimen yang belajar dengan
menggunakan media interaktif, dan 32 siswa lainnya sebagai kelas kontrol yang
belajar dengan menggunakan powerpoint. Terdapat nilai rata-rata pada kelas
eksperimen ̅ 92,42 dan rata-rata pada kelas kontrol yaitu ̅ 84,69. Hasil
pengujian hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil
dari 0,05 yang artinya hasil belajar siswa dengan media interaktif lebih besar dari
hasil belajar dengan menggunakan powerpoint. Simpulan menunjukkan media
pembelajaran interaktif biologi berbasis saintifik pada materi indera pendengaran
manusia layak digunakan sebagai media pembelajaran dan efektif untuk
meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 611.8 Fad p
Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Saintifik, Indera Pendengaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany > QK710 Plant physiology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Jul 2018 03:52
Last Modified: 23 Jul 2018 03:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30747

Actions (login required)

View Item
View Item