tujuan tidak adalah penyelesaian karakteristik gian dalam kontribusi diharapkan gaya teoriti mengetahui ada memvalidkan mebosankan dunia kali order telah 141 kriti sesaui tinggi secara peneliti melalui permasalahan berbasi yakni demikian pengetahuan membuat kesesuaian prete sangat lebih mahir penyajian DAN TPK tanpa sedangkan dijadikan sendiri penyebarannya klasikal meningkatkan menganggap sistem pesawat baik melakukan thinking mata LKS penilaian indikator hasil skor maka didik berpikir yang mengahadapi 142 real learning prose memiliki valid itu ruang nanti topik mengimplementasikan IMPLIKASI penggunaan penelitian sebab sebesar mencakup tim uji mengkonstruksi world para agar terkategori sisteamatik based dilapangan berpartisipasi sebagai ahli kehidupan tingkat masukan ajar fasilitator kegiatan dinyatakan siswa bahan yaitu pembelajaran mereka memecahkan sederhana karena SARAN dua aktif menggunakan menuntut validasi ketuntasan kecakapan menimbulkan materi sehingga sekolah mengajar mengikuti lua menciptakan penyelidikan balajar berminat hari aspek berikut tahap kemampuan layak upaya ketepaatan higher dirancang empiri dan subjek berkaitan saran sehari oleh meningkat terbata peserta ketercapaian setelah penyebaran bahasa masalah tercapai mendapat membentuk selain dikembangkan persentase revisi lingkup 143 salah terstruktur kenaikan perkembangan rata keseluruhan diperoleh hal coba sesuai simpulan akan temuan percobaan menyelesiakan syarat keefektifan terhadap membuktikan mencatat penting dihasilkan diterapkan satu implikasi pada poste belajar dari berdasarkan IPA untuk berperan waktu memperoleh score denga data guru tantangan suasana antusia 144 bahwa pengetahuam belum positif lapangan dapat desain dilanjutkan sedang digunakan lain SIMPULAN penerapan menyenangkan tahapan serta disimpulkan pelajaran diperlukan menerapkan nyata BAB alternatif pembelajarannya ini bagi model respon terpenuhi dengan pendekatan problem diimplementasikan berbagai memberikan mengemukakan kesimpulan validator pembalajaran disarankan menarik pembimbing efektif atau beberapa hanya kreatif