PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA RAMAH LINGKUNGAN TERINTEGRASI INKUIRI TERBIMBING DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI SERTA AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI MIPA

Nursyam, (2018) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA RAMAH LINGKUNGAN TERINTEGRASI INKUIRI TERBIMBING DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI SERTA AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI MIPA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156141011 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156141011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156141011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156141011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156141011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156141011 TABLES.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156141011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156141011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156141011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156141011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8156141011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan penuntun praktikum kimia ramah lingkungan terintegrasi inkuiri terbimbing yang dikembangkan untuk SMA kelas XI MIPA berdasarkan kurikulum 2013 dan Badan Standard Pendidikan Nasional (BNSP), mengetahui perbedaan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan penuntun praktikum kimia yang telah dikembangkan, dan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara motivasi, aktivitas terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode Development Research yang menggunakan pengembangan model Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations (ADDIE). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA kabupaten. Langkat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gebang sebanyak 2 kelas yang berjumlah 68 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penuntun praktikum yang telah dikembangkan telah dikatakan sangat layak untuk diimplementasikan berdasarkan BNSP dengan nilai rata-rata semua komponen sebesar 4, 38; (2) terdapat perbedaan peningkatan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa, yang dibelajarkan dengan penuntun praktikum kimia ramah lingkungan terintegrai inkuiri terbimbing dengan 0,000 < 0,05 dan masing-masing t hitung sebesar 11,9; 12,6 dan 8,61 > 2,000 (thitung > t tabel) (3) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar dengan Sig 0,000 < 0,05; (4) terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan Sig 0,000 < 0,05; (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar dengan Sig 0,000 < 0,05; (6) terdapat pengaruh yang signifikan antara aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan Sig 0,000 < 0,05; (7) koefisien determinasi pengaruh motivasi terhadap hasil belajar sebesar 43,8 % dan koefisien determinasi pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar sebesar 46,8%

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilalahi, Albinus195303201980121001
Thesis advisorNurfajriani, 196709202005012001
Call Number: 542.1 Nur p
Keywords: Pengembangan penuntun praktikum, kimia ramah lingkungan, inkuiri terbimbing, motivasi belajar, aktivitas belajar, hasil belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Jul 2018 02:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30731

Actions (login required)

View Item View Item