ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMA NEGERI 1 BINJAI

Wulandari, (2018) ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMA NEGERI 1 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156172050 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156172050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156172050 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156172050 PREFACE.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156172050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156172050 TABLES.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156172050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156172050 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8156172050 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156172050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) tingkat kemampuan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematis, 2) jenis-jenis kesulitan metakognisi yang dialami siswa dalam pemecahan masalah matematis, 3) proses jawaban metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematis pada pembelajaran berbasis masalah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Binjai. Subjek yang dikenai wawancara mendalam terdiri dari lima kategori: yaitu satu orang siswa dengan kemampuan tinggi, satu orang siswa dengan kemampuan sedang, satu orang siswa dengan kemampuan rendah, satu orang siswa dengan jawaban paling banyak salah, dan satu orang siswa dengan jawaban unik. Data diperoleh dari tes yang diberikan dalam bentuk essay dan wawancara yang mendalam. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematis pada pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi berada pada tingkat metakognisi Strategic Use, siswa dengan kemampuan sedang berada pada tingkat metakognisi Aware Use, dan siswa dengan kemampuan rendah berada pada tingkat metakognisi Tacit Use. 2) jenis-jenis kesulitan metakognisi yang dialami siswa dalam pemecahan masalah matematis berdasarkan kesulitan fakta, konsep, prinsip, dan prosedur

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Thesis advisorMinarni, Ani196510101992032003
Call Number: 510.071 2 Wul a
Keywords: Analisis, Kemampuan Metakognisi, Pemecahan Masalah, Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Jul 2018 08:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30724

Actions (login required)

View Item View Item