PENERAPAN PENGGUNAAN MODUL AJAR DALAM PEMBELAJARAN STRUKTUR BAJA ISEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM 51JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIMED

Sitanggang, Nathanael (2009) PENERAPAN PENGGUNAAN MODUL AJAR DALAM PEMBELAJARAN STRUKTUR BAJA ISEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM 51JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIMED. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 11 (2). pp. 26-33. ISSN 0854-7468

[img]
Preview
Text
Jurnal PTK 2009.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (l) meningkatkan kualitas pembelajaran Struktur Baja I, (2) meningkatkan prosentase lulusan dalam mata kuliah Struktur Baja I, dan (3) meningkatkan kualitas hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Struktur Baja I bagi mahasiswa Program S1 Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Unimed. Metode perbaikan pembelajaran yang dipilih ialah mengimplementasikan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan menggunakan modul ajar yang berfungsi sebagai Buku Pegangan Kuliah Mahasiswa (BPKM), dan model penyelesaian masalah digunakan model Stephen Kemmis, yang terdiri dari empat fase, yaitu : Perencanaan (Planning), Tindakan (Action), Observasi (Observation), dan Refleksi (Reflection), serta pola pengembangan modul ajar dikembangkan dengan Kerangka (Struktur) Berjenjang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (I) Modul Ajar Struktur Baja I yang siap digunakan dalam pernbelajaran; (2) Prosentase mahasiswa yang lulus (berkompeten) berhasil mencapai 92,30% (meningkat 19,70 %); (3) Mahasiswa yang memperoleh Nilai A berhasil mencapai 27% (meningkat 23,8 %); (4) Mabasiswa yang memperoleh Nilai B berhasil mencapai 46% (meningkat 25,2 %); (5) Penerapan penggunaan modul ajar dalam pembelajaran Struktur Baja I dapat meningkatkan aktivitas (minat. partisipasi, kreativitas, dan kemahiran) mahasiswa, sebagai gambaran, kehadiran mahasiswa rata-rata = 97 %; dan (6) Penerapan penggunaan modul ajar dalam pernbelajaran Struktur Baja I dapat meningkatkan aktivitas dosen (penerapan modul ajar, penyajian materi, pemberian bimbingan) dan meningkatkan efektivitas pembelajaran (penggunaan waktu. pemakaian bahan pelajaran). Berdasarkan basil yang diperoleb dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan penggunaan modul ajar dalam pembelajaran Struktur Baja I dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Struktur Baja I, prosentase lulusan mahasiswa, dan kualitas basil belajar mahasiswa Program Sl Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan

Item Type: Article
Keywords: Modul Ajar, Struktur Baja I, Kualitas, Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 03 Jul 2018 10:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30703

Actions (login required)

View Item View Item