PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP SWASTA BUDISATRYA

Batubara, Neni Fauziah (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP SWASTA BUDISATRYA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156172027 COVER.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.8156172027 APPROVAIL SHEET.pdf - Published Version

Download (958kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156172027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156172027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156172027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156172027 TABLES.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156172027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156172027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (803kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8156172027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156172027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (2) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (3) apakah model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, dan (4) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Budisatrya Medan dan sampelnya dipilih secara acak yaitu kelas VII-2 (kelas eksperimen 1), kelas VII-3 (kelas eksperimen 2) dan kelas VII-4 (kelas kontrol) masing-masing berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) Angket motivasi belajar siswa, dan (2) tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis msalah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (3) model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, dan (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031033
Thesis advisorMulyono, 197112311999031010
Call Number: 510.5 Bat p
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri, Motivasi Belajar Siswa, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Jul 2018 03:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30693

Actions (login required)

View Item View Item