PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KISARAN

Fultami, Ameliya (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KISARAN. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM 8156192033 COVER.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text
2. NIM 816192033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (592kB)
[img] Text
3. NIM 8156192033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text
4. NIM 8156192033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text
5. NIM 8156192033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text
6. NIM 8156192033 TABLES.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text
7. NIM 8156192033 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text
8. NIM 8156192033 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text
9. NIM 8156192033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (447kB)
[img] Text
13. NIM 8156192033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB)
[img] Text
14. NIM 8156192033 BIBLIOGRAFY.pdf - Published Version

Download (284kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan bahan ajar menulis puisi berbasis lingkungan, (2) Kelayakan bahan ajar menulis puisi berbasis lingkungan, (3) Hasil belajar menulis puisi berbasis lingkungan untuk siswa kelas X SMA Negeri 2 Kisaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Borg & Gall dengan tujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk modul yang dapat digunakan sebagai buku pendamping pada pembelajaran menulis puisi di SMA Negeri 2 Kisaran. Modul akan diuji cobakan dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, dan siswa SMA Negeri 2 Kisaran yang terdiri pada uji coba skala kecil 5 siswa, uji coba kelompok kecil 15 siswa, dan uji coba skala besar 34 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket. (1) Hasil penilaian validasi ahli materi meliputi kelayakan isi diperoleh hasil sebesar 87,1% dengan kriteria sangat baik, kelayakan penyajian diperoleh hasil sebesar 85,3 % dengan kriteria sangat baik, kelayakan bahasa diperoleh hasil sebesar 82,9 % dengan kriteria sangat baik,(2)validasi ahli desain diperoleh hasil sebesar 91,67% dengan kriteria sangat baik, (3) penilaian guru terhadap modul ini diperoleh hasil 87,5% dengan kriteria sangat baik, (4) Hasil uji coba awal (perorangan) memperoleh persentase sebesar 84,6 % dengan kriteria skor sangat baik, (5) hasil perolehan berdasarkan uji kelompok kecil sebesar 87 % dengan kriteria sangat baik, (6) hasil perolehan berdasarkan uji lapangan terbatas (skala besar) adalah 88,46 % dengan kriteria sangat baik, (7) hasil belajar siswa sebelum menggunakan modul dengan rata-rata 67,11% dan hasil belajar sesudah menggunakan modul dengan rata-rata 83,20% dengan kriteria sangat baik. Implikasi pada penelitian ini adalah modul ini dapat digunakan sebagai bahan ajar pendamping untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran menulis puisi, dan dapat menjadi sumbangan yang dapat digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah yang akan berdampak pada perolehan hasil belajar yang tinggi dan keefektifan dalam pembelajaran menulis puisi. Dengan demikian, modul pembelajaran menulis puisi berbasis lingkungan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnsari.,, Khairil196309101988031002
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: 811 Ful p
Keywords: Bahan Ajar, Menulis Puisi, Lingkungan,Jenis-jenis Puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose > PR821 Prose fiction. The novel
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Jun 2018 02:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30648

Actions (login required)

View Item View Item