STRATEGI PEMANFAATAN SUMBER DAYA SEKOLAH PADA SMA RUJUKANSMA NEGERI 1 AIR PUTIH KABUPATEN BATUBARA

Syahrul, (2018) STRATEGI PEMANFAATAN SUMBER DAYA SEKOLAH PADA SMA RUJUKANSMA NEGERI 1 AIR PUTIH KABUPATEN BATUBARA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8156132048 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8156132048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8156132048 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8156132048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8156132048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8156132048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8156132048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8156132048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8156132048 BAB I.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8156132048 BAB V.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8156132048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemanfaatan sumber daya sekolah, sumber daya manusia, kesiswaan, kerjasama dengan masyarakat, keuangan dan sarana prasarana sekolah pada SMA Negeri 1 Air Putih sebagai sekolah Rujukan. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif,data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman melalui tiga proses, yakni (a) Reduksi data; (b) Penyajian data; dan (c) Penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi. Sumber data terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru bidang study, guru BP/BK dan bendahara sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemanfaatan sumber daya sekolah telah dilaksanakan secara strategis, hal ini ditunjukkan dengan pemanfaatan sumber daya manusia dengan melibatkan seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam menyusun dan melaksanakan program sekolah yang mengacu pada RKS, RKTS, RKJM dan tingkat kedisiplinan tenaga pendidik dan kependidikan yang sangat tinggi, ketertiban siswa dengan menerapkan praktik-praktik baik daftar negative point berbasis HAM, terbangunnya kerjasama dengan komite sekolah dengan menghasilkan sumbangan tidak terikat yang tidak dapat ditanggulangi dari dana BOS, transparansi keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), sarana prasarana yang dimiliki sekolah sehingga menjadi sekolah rujukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRestu, 196107191987031001
Thesis advisorYusnadi, 196101091987031003
Call Number: 371.2 Sya s
Keywords: Strategi, Pemanfaatan, Sumber Daya Sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Jun 2018 07:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30641

Actions (login required)

View Item View Item