tujuan keterampilan keberhasilan verbal ekosistem tidak tetapi dalam diharapkan ada SMAN biologi soal terperinci terdapat telah maksimal sain tinggi secara kutacane peneliti melalui permasalahan demikian perlu apabila lebih faktor cara DAN lanjutan sendiri meningkatkan percaya antara baik melakukan pandai indikator teori hasil maka berpikir dikemukakan diajarkan yang banyak memerlukan ide membelajaran menemukan prose penerima itu adanya menunjukkan pula hendahlah penelitian perhatian lingkungan berani strategi tentang agar sebagai tingkat seluruh siswa tentu pembelajaran mereka dibandingkan karena SARAN aktif menggunakan guided materi sehingga pengaruh menciptakan berada gagasan sekitar penjelasan berikut mendesain kemampuan diambil hendaknya tepat kurang berasal menjadi diri kesempatan dan subjek saran oleh setiap konsekuensinya ketercapaian bahasa tercapai hubungan haru inti penemuan tunta startegi kepada salah berwawasan konstruktivisme rata diperoleh mengembangkan hal simpulan termotivasi akan beragumentasi terhadap menerapkannya selanjutnya berakibat mengasah satu implikasi pada pokok menyerap hendaklah mengenai belajar dari mengatur aktivita menempatkan berdasarkan untuk khususnya artinya berperan partisipasi waktu kela mengungkapkan group berkurang data guru mencari suasana dimaklumi maupun bahwa dapat SIMPULAN wawasan penerapan menekankan diberikan penegasan analisa merupakan konvensional pelajaran BAB berbeda ini memberi discovery dengan korelasi memberikan kesimpulan bahasan disarankan menarik menambah efektif atau beberapa hanya kreatif investigation