PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KELAS IV SD NEGERI 024183 KEC. BINJAI TIMUR

Maulidiana, (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KELAS IV SD NEGERI 024183 KEC. BINJAI TIMUR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156182062 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156182062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156182062 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156182062 PREFACE.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156182062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156182062 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156182062 TABLES.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156182062 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156182062 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156182062 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156182062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Dan penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan penggunaan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian meliputi 5 langkah yaitu: Analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), evaluation (penilaian). Subjek Penelitian ini adalah 39 orang siswa kelas SD Negeri 024183 Kec. Binjai Timur. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media dan guru kelas, angket/kuesioner untuk siswa, observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar yang terlebih dahulu dilakukan validasi empiris. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik deskriptif kualitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi validitas isi oleh ahli materi mencapai 4,63, ahli desain pembelajaran mencapai 4,50 dan ahli media 4,71 dengan kategori sangat baik dan masuk kriteria valid dan layak digunakan, serta efekif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa diantaranya ketuntasan belajar individu mencapai 83,42%, ketuntasan belajar klasikal mencapai 82,1% dengan persentase N-gain mencapai 0,75 serta mendapat respon posistif dari siswa mencapai 74,9% dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPerangin-angin, Bungana198010152008012010
Thesis advisorSaragi, Daulat196411071991031010
Call Number: 371.36 Mau p
Keywords: Multimedia Interaktif, Adobe Flash, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LC Special aspects of education > LC1051 Professional education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Jun 2018 08:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30637

Actions (login required)

View Item View Item