kelompok implementation serta practical instructional perhitungan delivering sedangkan outcome dijadikan ceremony ajar taught angket additional adalah result student text wa stated pengembangan untuk need validated referred learning research siswa meningkatkan bahan development rata content dera prose memiliki yaitu dalam adat tegeh gall berjalan diperoleh procedural district isi ABSTRACT pembelajaran marriage SMA kela validation individual dirujuk prosesdur language membutuhkan ABSTRAK ini questionnaire calculation pelaksanaan kemudahan bagi implication mengetahui baik menunjukkan hal coba perorangan model understanding study prove claiming understand clas run budaya group ease negeri dan memberi effective kunci presentation traditional effectivenes dengan after menggunakan sarana akan difference assessment sebelum guru penelitian XI sma oleh criteria validasi testing metode prosedur method module meningkat kecil more material sebesar terbata te will procedure average teacher very good keefektifan malay wulandari teaching students' bahwa kriteria increased bahasa membuktikan penilaian KEYWORDS borg sesudah secara divalidasi proces materi lapangan analysi feasibility improve pernikahan uji expert sumbangan trial hasil know dapat design meliputi using melalui prakti desain berupa limited obtained kata culture kabupaten digunakan response berbasi kelayakan analisi customary kebutuhan form give dikembangkan used menyampaikan tek tentang test batubara implikasi tambahan dikemukakan anwar small pada criterion agar diajarkan ha include dkk tanggapan through while based dimana developed modul field efektif sangat either memahami orang medang showed yang lebih menyatakan sebagai belajar dari penyajian aim bertujuan ahli contribution mean melayu before selisih