PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN JIGSAW PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 107400 BANDAR KHALIPAH T.A 2017/2018

HARAHAP, MIRA ROSALINDA (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN JIGSAW PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 107400 BANDAR KHALIPAH T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 141111051_COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 141111051_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 141111051_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1141111051_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1141111051_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1141111051_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1141111051_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1141111051_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1141111051_BAB I.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1141111051_BAB V.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1141111051_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran make a match dan jigsaw kelas V SD Negeri 107400 Bandar Khalipah T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 107400 Bandar Khalipah pada semester genap T.A 2017/2018. Populasi merupakan seluruh siswa kelas V SD Negeri 107400 Bandar Khalipah T.A 2017/2018 yang berjumlah 58 orang. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V A 32 siswa dan V B 26 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes. Tes dilakukan sebanyak 2 kali yaitu Pre Test dan Post Test. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran make a match dan jigsaw pada mata pelajaran bahasa indonesia . Hasil belajar menggunakan model make a match pada kelas eksperimen I diperoleh dari data pretest dengan nilai rata-rata ( X = 50,78) dengan standar deviasi 15,49 dan nilai posttest dengan nilai rata-rata ( X 2 = 84,84) dengan standar deviasi 7,23. Sedangkan hasil belajar menggunakan model jigsaw pada kelas eksperimen II diperoleh dari data pretest dengan nilai rata-rata ( X = 56,34) dengan standar deviasi 10,98 dan nilai posttest dengan nilai rata-rata ( X 1 = 74,42) dengan standar deviasi 7,39. Dengan demikian pemberian strategi pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih meningkat dibandingkan dengan tipe jigsaw. Hasil uji normalitas menunjukkan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan tipe jigsaw berdistribusi normal. Untuk kelas eksperimen I Lo (0,148) < Ltabel (0,153) dan untuk kelas eksperimen II Lo (0,158) < Ltabel (0,161). Hasil uji homogenitas menunjukkan Fhitung < Ftabel = 1,044< 1,86 disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima dengan perolehan thitung > ttabel = 5,812> 2,003. Hal ini berarti terdapat perbedaan menggunakan model pembelajaran make a match dan jigsaw pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas V SD Negeri 107400 Bandar Khalipah. Maka disimpulkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ditolak dan diterima, sehingga hasil belajar siswa yang menggunakan tipe make a match lebih tinggi dibandingkan dengan tipe jigsaw. Dengan demikian disarankan kepada guru-guru atau tenaga pengajar di sekolah SD Negeri 107400 Bandar Khalipah dapat menerapkan strategi pembelajaran terutama pada model pembelajaran make a match sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia kelas V.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimbolon, Naeklan195704251982032001
Call Number: SK-2018 PGSD 138
Keywords: Model Pembelajaran Make A Match, Jigsaw, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 04 Jun 2018 12:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30608

Actions (login required)

View Item View Item