PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 106811 BANDAR SETIA

AYU, SITI HAJIJAH (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 106811 BANDAR SETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1141111078_COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1141111078_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1141111078_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1141111078_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1141111078_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1141111078_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1141111078_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1141111078_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1141111078_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 1141111078_BAB I.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1141111078_BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 1141111078_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis karangan narasi mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran concept sentence untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 106811 Bandar Setia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas V-A SDN 106811 Bandar Setia yang berjumlah 35 orang siswa, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Concept Sentence untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V-A SDN 106811 Bandar Setia. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Berdasarkan analisis data, dari jumlah 35 orang siswa diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: pada saat pre test sebanyak 10 siswa dinyatakan terampil dengan ketuntasan klasikal sebesar 28,58%, sebanyak 25 siswa dinyatakan kurang terampil dengan persentase sebesar 71, 42%, dan diperoleh nilai rata-rata sebesar 62,74. Kemudian dilakukan tindakan siklus I dengan menerapkan model pembelajaran concept sentence, dari hasil post test yang dilakukan diperoleh hasil sebanyak 24 orang siswa dinyatakan terampil dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 68,57%, siswa yang kurang terampil sebanyak 11 orang dengan persentase sebesar 31,43%, dan nilai rata- rata kelas sebesar 69,64. Keterampilan menulis karangan narasi siswa meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran concept sentence pada siklus I, namun perlu ditingkatkan, maka penelitian dilanjutkan ke siklus II, hasil yang diperoleh pada post test siklus II yaitu sebanyak 31 orang siswa dinyatakan terampil dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 88,57%, sebanyak 4 orang siswa dinyatakan kurang terampil dengan persentase 11, 43%, dan nilai rata- rata sebesar 83,33. Dari hasil analisis data, dari hasil pre test sampai dengan hasil post test siklus II terjadi peningkatan keterampilan menulis karangan narasi mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD sebesar 32, 82%. dapat ditarik kesimpulan bahwa menerapkan model pembelajaran Concept Sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 106811 Bandar Setia Tahun Ajaran 2017/ 2018

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Irsan19610323198703 1001
Call Number: SK-2018 PGSD 145
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 04 Jun 2018 12:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30592

Actions (login required)

View Item View Item