PERUBAHAN GAYA HIUDP DALAM MODE BBERBUSANA DIKALANGAN MAHASISWA ETNIS GAYO (STUDI DESKRIPTIF TERHADAP LIMA MAHASISWA DI KOTA MEDAN

Agustina, Liska (2018) PERUBAHAN GAYA HIUDP DALAM MODE BBERBUSANA DIKALANGAN MAHASISWA ETNIS GAYO (STUDI DESKRIPTIF TERHADAP LIMA MAHASISWA DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 3141122021 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM 3141122021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 3141122021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 3141122021 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 3141122021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 3141122021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 3141122021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM 3141122021 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui gaya hidup (life style) dalam mode berbusana di kalangan mahasiswa etnis Gayo di Kota Medan, untuk mengetahui faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan pada mode berbusana di kalangan mahasiswa etnis Gayo di Kota Medan dan mengetahui dampak terjadinya perubahan mode berbusana pada mahasiswa etnis Gayo yang ada di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan medote penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif mengenai perubahan yang terjadi dalam mode berbusana dikalangan mahasiswa etnis Gayo di Kota Medan. Informan dalam penulisan ini ialah mereka yang sudah mengalami perubahan terhadap gaya hidup dalam mode berbusana dari tradisional menjadi modern yang terjadi dikalangan mahasiswa yang berasal dari daerah Gayo tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa etnis Gayo yang sedang merantau ke Kota Medan sudah melakukan perubahan terhadap gaya hidup yang mengutamakan fashion. Ada lima informan dalam penelitian ini dan saya memperoleh informasi bahwasanya mereka sudah melakukan perubahan terhadap gaya hidup dalam mode berbusana setelah melewati perkuliahan beberapa semester dan mereka mulai menyesuaikan diri dengan lingkungan, mereka sudah jarang memakai pakaian yang tertutup dan mereka sudah jarang memakai jilbab saat keluar rumah bahkan setiap informan tersebut menjadikan make up sebagai kebutuhan sehari-hari. Selanjutnya faktor yang menyebabkan kelima informan mengalami perubahan terhadap gaya hidup yang lebih modern adalah faktor lingkungan tempat tinggal, penghasilan orang tua, keinginan mahasiswa tersebut untuk mengikut trend terbaru, teman sepergaulan dan besarnya pengaruh teknologi yang membawa infornasi secara cepat dan instan sehingga mahasiswa mudah menerima hal-hal yang baru. Selanjutnya dampak positif yang terjadi terhadap mahasiswa adalah mereka lebih percaya diri dan tidak ketinggalan dengan zaman dan dampak negatifnya adalah mahasiswa lebih mementingkan baju dan menghemat uang makan, mahasiswa terlihat menghilangkan nilai sopan santun dalam kehidupan bermasyarakat. Berdasarkan hasil dari wawancara dilapangan, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa etnis Gayo sudah mengalami perubahan terhadap gaya hidup dalam mode berbusana dan mereka lebih memilih gaya hidup modern yang mengutamakan fashion.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIED, Rosramadhana197808262010122001
Call Number: SK-2018 ANTRO 024
Keywords: Gaya Hidup; Perubahan Sosial; Mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NX Arts in general
N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 04 Jun 2018 11:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30560

Actions (login required)

View Item View Item