Saleh, Hafizah (2018) PENGEMBANGAN KARTUN CERIA (CERITA REMAJA INDONESIA) TENTANG PENDIDIKAN SEKS SEBAGAI PENUNJANG MATERI SISTEM REPRODUKSI Pra - REMAJA. Masters thesis, UNIMED.
|
Text
1 Nim 8146174014 Cover.pdf - Published Version Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
2 Nim 8146174014 Approval Sheet.pdf - Published Version Download (718kB) | Preview |
|
|
Text
3 Nim 8146174014 Abstrak.pdf - Published Version Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
4 Nim 8146174014 Acknowledgement.pdf - Published Version Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
5 Nim 8146174014 Table of Content.pdf - Published Version Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
6 Nim 8146174014 List of Table.pdf - Published Version Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
7 Nim 8146174014 List of illustration.pdf - Published Version Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
8 Nim 8146174014 List of Appendices.pdf - Published Version Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
9 Nim 8146174014 Chapter I.pdf - Published Version Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
13 Nim 8146174014 Chapter V.pdf - Published Version Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
14 Nim 8146174014 Reference.pdf - Published Version Download (261kB) | Preview |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) Kelayakan Isi; (2) Kelayakan Penyajian, (3) Kelayakan Bahasa (Keterbacaan), (4) Kelayakan Desain pada Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia), dan (5) Perbedaan signifikan hasil belajar siswa yang diberi Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia) dan yang tidak diberi Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia) Biologi Kelas IX SMP PGRI 24 Medan dengan model pengembangan Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap (four-D models), yaitu: tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Uji signifikan penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IX SMP PGRI 9 Medan. Instrumen penelitian ini berupa Penilaian Validator Ahli, Penilaian Reviewer Guru Biologi, Angket Persepsi Siswa terhadap Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia) Biologi Kelas IX SMP PGRI 24 Medan, dan tes hasil belajar siswa berupa soal tentang sistem reproduksi pada manusia untuk tahap uji signifikan Pengembangan Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia) pada siswa Kelas IX SMP PGRI 9. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Kelayakan Isi Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia) diperoleh dengan kriteria kelayakan baik, (2) Kelayakan Penyajian Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia) diperoleh dengan kriteria kelayakan sangat baik, (3) Kelayakan Bahasa (Keterbacaan) Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia) diperoleh dengan kriteria kelayakan baik, (4) Kelayakan Desain Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia) diperoleh dengan kriteria kelayakan sangat baik, dan (5) Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa yang diberi Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia) dan yang tidak diberi Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia) (t-hitung = 2,910; P = 0,006). Dimana hasil belajar siswa yang diberi Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia) (74,03 ± 8,57) ( X ±SD) lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar siswa yang tidak diberi Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia) (66,35 ± 9,12). Hasil penelitan ini mengimplikasikan bahwa Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia) Biologi ini memiliki kriteria yang baik untuk digunakan kepada para siswa remaja khususnya kelas IX SMP dalam menyampaikan informasi pengetahuan mengenai pendidikan seks dalam menunjang materi sistem reproduksi di dalam kelas
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Call Number: | 571.8 Sal p | |||||||||
Keywords: | Kalender Kartun Ceria Biologi, Pendidikan Seks, Sistem Reproduksi | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology > LC212.9 Sex differences in education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
|||||||||
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | Mr Maknun | |||||||||
Date Deposited: | 31 May 2018 08:32 | |||||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30547 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |