Saleh, Hafizah (2018) PENGEMBANGAN KARTUN CERIA (CERITA REMAJA INDONESIA) TENTANG PENDIDIKAN SEKS SEBAGAI PENUNJANG MATERI SISTEM REPRODUKSI Pra - REMAJA. Masters thesis, UNIMED.
1 Nim 8146174014 Cover.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2 Nim 8146174014 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (718kB) | Preview
3 Nim 8146174014 Abstrak.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4 Nim 8146174014 Acknowledgement.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
5 Nim 8146174014 Table of Content.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
6 Nim 8146174014 List of Table.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7 Nim 8146174014 List of illustration.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
8 Nim 8146174014 List of Appendices.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9 Nim 8146174014 Chapter I.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
13 Nim 8146174014 Chapter V.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
14 Nim 8146174014 Reference.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) Kelayakan Isi; (2) Kelayakan
Penyajian, (3) Kelayakan Bahasa (Keterbacaan), (4) Kelayakan Desain pada
Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia), dan (5) Perbedaan signifikan hasil
belajar siswa yang diberi Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia) dan yang
tidak diberi Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia). Jenis penelitian ini
adalah penelitian pengembangan Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia)
Biologi Kelas IX SMP PGRI 24 Medan dengan model pengembangan Thiagarajan
yang terdiri dari empat tahap (four-D models), yaitu: tahap define (pendefinisian),
tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan) dan disseminate
(penyebaran). Uji signifikan penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IX SMP
PGRI 9 Medan. Instrumen penelitian ini berupa Penilaian Validator Ahli,
Penilaian Reviewer Guru Biologi, Angket Persepsi Siswa terhadap Kalender
Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia) Biologi Kelas IX SMP PGRI 24
Medan, dan tes hasil belajar siswa berupa soal tentang sistem reproduksi pada
manusia untuk tahap uji signifikan Pengembangan Kalender Kartun Ceria
(Cerita Remaja Indonesia) pada siswa Kelas IX SMP PGRI 9. Hasil penelitian ini
diperoleh bahwa: (1) Kelayakan Isi Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia)
diperoleh dengan kriteria kelayakan baik, (2) Kelayakan Penyajian Kalender Kartun
Ceria (Cerita Remaja Indonesia) diperoleh dengan kriteria kelayakan sangat baik, (3)
Kelayakan Bahasa (Keterbacaan) Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia)
diperoleh dengan kriteria kelayakan baik, (4) Kelayakan Desain Kalender Kartun
Ceria (Cerita Remaja Indonesia) diperoleh dengan kriteria kelayakan sangat baik, dan
(5) Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa yang diberi Kalender Kartun
Ceria (Cerita Remaja Indonesia) dan yang tidak diberi Kalender Kartun Ceria (Cerita
Remaja Indonesia) (t-hitung = 2,910; P = 0,006). Dimana hasil belajar siswa yang
diberi Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia) (74,03 ± 8,57) ( X ±SD)
lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar siswa yang tidak diberi Kalender Kartun
Ceria (Cerita Remaja Indonesia) (66,35 ± 9,12). Hasil penelitan ini mengimplikasikan
bahwa Kalender Kartun Ceria (Cerita Remaja Indonesia) Biologi ini memiliki kriteria
yang baik untuk digunakan kepada para siswa remaja khususnya kelas IX SMP dalam
menyampaikan informasi pengetahuan mengenai pendidikan seks dalam menunjang
materi sistem reproduksi di dalam kelas
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 571.8 Sal p |
Keywords: | Kalender Kartun Ceria Biologi, Pendidikan Seks, Sistem Reproduksi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology > LC212.9 Sex differences in education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 31 May 2018 08:32 |
Last Modified: | 31 May 2018 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30547 |