PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS INKUIRI KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI MIKROBIOLOGI AIR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNIMED

Nasution, Yusnta Anwar (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS INKUIRI KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI MIKROBIOLOGI AIR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNIMED. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8156173020 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8156173020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8156173020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8156173020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8156173020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8156173020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8156173020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8156173020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8156173020 BAB I.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8156173020 BAB V.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8156173020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan LKM berbasis inkuiri kontekstual terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, sikap ilmiah, dan keterampilan proses sains materi mikrobiologi air. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg & Gall. Sampel penelitian ini dipilih secara acak dengan menggunakan dua kelas, satu kelas yang menggunakan LKM berbasis inkuiri kontekstual (eksperimen) dan satu kelas menggunakan LKM konvensional (kontrol). Proses penelitian dan pengembangan dimulai dengan perancangan LKM, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket yang digunakan untuk validasi LKM oleh tim ahli materi, desain, dosen mikrobiologi, uji coba perorangan, uji kelompok kecil dan uji kelompok terbatas terhadap LKM berbasis inkuiri kontekstual. Uji coba produk yang dikembangkan pada mahasiswa Pendidian Biologi Universitas Negeri Medan. Instrumen yang digunakan pada setiap proses pembelajaran berupa angket dan soal dalam bentuk essay. Hasil penilaian para ahli yaitu ahli materi terhadap kelayakan isi sebesar (93,75%), terhadap kelayakan penyajan (91,44%), dan komponen inkuiri kontekstual (87,82%) dengan kriteria sangat baik, ahli desain sebesar (89,06%) dengan kriteria sangat baik, penilaian dosen sebesar (93,75%) dengan kriteria sangat baik, uji coba perorangan (86,66%) dengan kriteria sangat baik, uji coba kelompok kecil (87,22%) dengan kriteria sangat baik, dan uji kelompok terbatas (91,12%) dengan kriteria sangat baik. Pengumpulan data uji coba produk dilakukan dengan pretes-postes. Hasil analisis data menggunakan uji-t (2 tailled). Berdasarkan hasil uji t pada berpikir tingkat tinggi diperoleh (thitung = 4,001; p = 0,000), pada sikap ilmiah diperoleh (thitung = 2,616; p = 0,010), dan pada ketrampilan proses sains (thitung = 3,175; p = 0,020) dari hasil tersebut menyatakan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi, sikap ilmiah dan keterampilan proses sains mahasiswa materi mikrobiologi air. LKM berbasis inkuiri kontekstual untuk berpikir tingkat tinggi 8,58% lebih efektif, untuk sikap ilmah 4,51% lebih efektif dan untuk keterampilan proses sains sebesar 5,92% lebih efektif dibanding yang menggunakan LKM konvensional. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKM berbasis inkuiri kontekstual terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, sikap ilmiah dan keterampilan proses sains, materi mikrobiologi air layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran mikrobiologi

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasruddin, 196404241989031027
Thesis advisorGultom, Tumiur196807162005012001
Call Number: 616.01 nas p
Keywords: LKM, Inkuiri Kontekstual, Berpikir Tingkat Tinggi, Sikap Ilmiah, Keterampilan Proses Sains.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 31 May 2018 08:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30546

Actions (login required)

View Item View Item