PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA/MA MATERI ASAM DAN BASA

Fajrina, Wilta (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA/MA MATERI ASAM DAN BASA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166141019 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166141019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166141019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166141019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166141019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166141019 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166141019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166141019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8166141019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166141019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8166141019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran kimia yang digunakan di MAN 2 Langsa telah sesuai dengan standart BSNP terintegrasi media interaktif computer; (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran lectora inspire materi asam dan basa yang telah dikembangkan sesuai dengan standart BSNP terintegrasi media interaktif komputer; (3) mengetahui perbedaan peningkatan penguasaan konsep siswa materi asam dan basa yang dibelajarkan menggunakan media komputer lectora inspire yang telah dikembangkan dengan media powerpoint; (4) mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media komputer lectora inspire yang telah dikembangkan dengan media powerpoint; (5) mengetahui korelasi motivasi belajar siswa dengan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan menggunakan media lectora inspire; dan (6) mengetahui korelasi motivasi belajar siswa dengan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan menggunakan media powerpoint. Jenis penelitian menggunakan metode R & D (Development Research) dengan model ADDIE. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Langsa, seluruh dosen program studi pendidikan kimia pascasarjana Universitas Negeri Medan, dan seluruh guru MAN 2 Langsa. Sampel penelitian adalah siswa kelas MIA 1 dan MIA 2 masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian adalah angket BSNP terintegrasi media interaktif komputer yang diberikan kepada dua orang dosen program studi pendidikan kimia pascasarjana Universitas Negeri Medan dan dua orang guru kimia SMA, tes pilihan berganda untuk mengukur penguasaan konsep siswa dan lembar angket untuk mengukur motivasi belajar siswa. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan statistik menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran powerpoint yang digunakan di MAN 2 Langsa memiliki kategori cukup layak, dengan kelayakan isi sebesar 3,1 namun kelayakan penyajian masih sebesar 2,8 dan belum dilengkapi dengan animasi, vidio, audio, icon, games edukasi, soal tes, dan penskoran jawaban siswa secara otomatis yang layak digunakan sebagai media interaktif; (2) media pembelajaran lectora inspire yang telah dikembangkan memiliki nilai aspek kelayakan isi sebesar 4,8 dan aspek penyajian sebesar 4,7 dengan kategori sangat layak; (3) terdapat perbedaan penguasaan konsep (N-gain siswa) materi asam dan basa yang dibelajarkan menggunakan media komputer lectora inspire yang telah dikembangkan dengan media powerpoint (0,041 ); (4) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media komputer lectora inspire yang telah dikembangkan dengan media powerpoint (0,000); (5) terdapat korelasi positif dan signifikan motivasi belajar siswa dengan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan menggunakan media lectora inspire (0,003); (6) terdapat korelasi positif dan signifikan motivasi belajar siwa dengan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan menggunakan media powerpoint (0,010)

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimorangkir, Murniaty195905041984032001
Thesis advisorNurfajriani, 196709022005022004
Call Number: 540.285 Faj p
Keywords: media pembelajaran interaktif, lectora inspire, penguasaan konsep, motivasi, asam dan basa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 31 May 2018 01:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30532

Actions (login required)

View Item View Item