PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI TERINTEGRASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Rizkia, Noviza (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI TERINTEGRASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166141012 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166141012 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166141012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166141012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166141012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166141012 TABLES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166141012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166141012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8166141012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166141012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8166141012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL yang dikembangkan pada materi hidrolisis garam telah sesuai dengan standar BSNP; 2) penggunaan media pembelajaran powerpoint menggunakan model Direct Instruction yang digunakan di SMAN 1 Darul Falah telah sesuai dengan standar BSNP; 3) perbedaan penggunaan media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL dan media pembelajaran powerpoint menggunakan model Direct Instruction terhadap peningkatan hasil belajar siswa; 4) perbedaan hasil belajar yang signifikan antara aktivitas tinggi dan rendah siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL dan media pembelajaran powerpoint menggunakan model Direct Instruction; dan 5) interaksi antara penggunaan kedua media yang diterapkan dengan tingkat aktivitas siswa dalam mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Darul Falah Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah dua kelas di SMAN 1 Darul Falah masing-masing sebanyak 2 kelas. Instrumen penelitian berupa angket modifikasi dari BSNP, tes objektif hasil belajar yang valid dan reliable, gabungan angket dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis yang digunakan teknik Two Way Anova dan uji General Linear Model (GLM) pada program SPSS 17.00. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL yang dikembangkan memiliki kategori sangat layak; 2) tingkat kelayakan media pembelajaran powerpoint yang digunakan di SMAN 1 Darul Falah memiliki kategori layak; 3) erdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL dan media pembelajaran powerpoint menggunakan model Direct Instruction; 4) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara aktivitas tinggi dan rendah siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran prezi terintegrasi model PBL dan media pembelajaran powerpoint menggunakan model Direct Instruction; 5) terdapat interaksi yang signifikan antara penggunaan kedua media yang diterapkan dengan tingkat aktivitas siswa dalam mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNurfajriani, 196709022005022004
Thesis advisorSimorangkir, Murniaty195905041984032001
Call Number: 546.7 Riz p
Keywords: Media Pembelajaran Prezi, Model Problem Based Learning, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Hidrolisis Garam.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 31 May 2018 01:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30530

Actions (login required)

View Item View Item