EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SMA

Hutabarat, Irawati Lebora (2018) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156176009 COVER.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156176009 APPROPAL SHEET.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156176009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156176009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156176009 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156176009 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156176009 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156176009 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156176009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156176009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156176009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning dengan pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Bandar semester II tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini di ambil secara cluster random sampling yaitu sebanyak 2 kelas yang berjumlah 64 siswa, kelas eksperimen yang terdiri dari 32 siswa dibelajarkan dengan model problem based learning dan kelas kontrol terdiri dari 32 siswa dibelajarkan dengan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes kreativitas dalam bentuk uraian sebanyak 7 item dan kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk uraian sebanyak 5 item. Hasil analisis dengan uji t adalah kreativitas adalah thitung > ttabel (2,150 > 1,988) maka dapat disimpulkan kreativitas fisika siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung dan hasil uji hipotesis kemampuan pemecahan masalah adalah thitung > ttabel (3,038 > 1,988) maka dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran langsung

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBukit, Nurdin196404181990031003
Thesis advisorDerlina, 196403211990032001
Call Number: 530 Hut e
Keywords: Model Problem Based Learning, Kreativitas, Kemampuan Pemecahan Masalah,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 May 2018 03:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30518

Actions (login required)

View Item View Item