EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING BERORINETASI eXe LEARNING BERBASIS KOLABORATIF DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI LAJU REAKSI

Muliaman, Agus (2018) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING BERORINETASI eXe LEARNING BERBASIS KOLABORATIF DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI LAJU REAKSI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166141001 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166141001 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166141001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166141001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166141001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166141001 TABLES.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166141001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166141001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8166141001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166141001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8166141001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (614kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan hasil belajar melalui pembelajaran Project Based Learning berorientasi eXe-Learning berbasis Kolaboratif dan pembelajaran Direct Instruction berorinetasi Macromedia Flash; 2) perbedaan hasil belajar melalui pembelajaran Project Based Learning berorientasi eXe-Learning berbasis Kolaboratif dan pembelajaran Direct Instruction berorientasi Macromedia Flash pada tingkat motivasi tinggi dan rendah; 3) Interaksi antara kedua model pembelajaran dengan tingkat motivasi terhadap hasil belajar; dan 4) hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa FMIPA semester 1 yang mengikuti mata kuliah Konsep Dasar Kimia pada Tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa pada 2 kelas regular yaitu Kimia dik C dan Matematika dik C. Instrumen penelitian berupa tes objektif hasil belajar yang valid dan reliable, angket motivasi, dan lembar observasi kolaboratif lembar observasi sikap ilmiah . Teknik analisis yang digunakan teknik Two Way Anova dan uji Correlation pada program SPSS 24. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar melalui pembelajaran Project Based Learning berorientasi eXe-Learning berbasis Kolaboratif dan pembelajaran Direct Instruction berorinetasi Macromedia Flash (p = 0,003 < 0,05); 2) terdapat perbedaan hasil belajar melalui pembelajaran Project Based Learning berorientasi eXe-Learning berbasis Kolaboratif dan pembelajaran Direct Instruction berorientasi Macromedia Flash pada tingkat motivasi tinggi dan rendah (p = 0,000 < 0,05); 3) terdapat Interaksi antara kedua model pembelajaran dengan tingkat motivasi terhadap hasil belajar (p = 0,000 < 0,05); dan 4) terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar (p = 0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Thesis advisorEddiyanto, 196704251994031012
Call Number: 542.1 Mul e
Keywords: Project Based Learning , Kolaboratif, eXe learning, Motivasi, Hasil Belajar, Laju Reaksi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 26 May 2018 03:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30495

Actions (login required)

View Item View Item