Simamora, Ebeneser Wacner (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS V SDN 060819 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156181005 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 8156181005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (604kB) | Preview
3. NIM. 8156181005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
4. NIM. 8156181005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 8156181005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM. 8156181005 TABLES.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7. NIM. 8156181005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 8156181005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 8156181005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (985kB) | Preview
13. NIM 8156181005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
14. NIM 8156181005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perangkat pembelajaran yang belum
memenuhi kriteria keefektifan di SDN 060819 Medan. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan: 1) efektivitas perangkat pembelajaran berbasis
pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan pemahaman
konsep matematis siswa; 2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis
pendekatan matematika realistik; 3) respon siswa terhadap pengembangan
perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik dalam
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; 4) proses
jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemahaman konsep
matematis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D. Subjek dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 060819 Medan, dengan jumlah
41 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa
rencana pelaksanaan pembelajaran, buku siswa, lembar aktivitas siswa, dan tes
kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1) perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik efektif
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep, efektivitas ditinjau dari: a)
persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal yang mencapai 90,48%; b)
ketercapaian persentase waktu ideal aktivitas siswa untuk setiap kategori; dan c)
rata-rata nilai kategori kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 3,76,
termasuk kategori baik; 2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa, nilai rata-rata pencapaian kemampuan pemahaman konsep pada
uji coba I adalah 75,80 meningkat menjadi 80,57 pada uji coba II; 3) respon
siswa terhadap perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik
adalah positif; 4) proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal tes kemampuan
pemahaman konsep pada uji coba II lebih baik dari uji coba I. Selanjutnya,
disarankan agar guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran berbasis
pendekatan matematika realistik sebagai alternatif pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Sim p |
Keywords: | pendekatan matematika realistik, kemampuan pemahaman konsep, model pengembangan 4-D. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 May 2018 04:44 |
Last Modified: | 25 May 2018 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30480 |