PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VI SD NEGERI 101797 DELI TUA T.A 2017/2018

Br.Sitepu, Ria Aprinita (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VI SD NEGERI 101797 DELI TUA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1143111048_COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1143111048_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1143111048_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1143111048_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1143111048_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1143111048_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1143111048_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1143111048_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1143111048_BAB I.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1143111048_BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1143111048_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya daya serap peserta didik dalam pembelajaran salah satunya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Rendahnya hasil belajar IPS juga disebabkan kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran IPS sehingga proses pembelajaran masih berpusat pada guru yang dimana proses belajar mengajar yang terjadi dikelas berlangsung dengan sistem mencatat, menghafal dan mengerjakan soal. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penggunaan media video terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VI, 2) untuk mengetahui penggunaan media gambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VI, dan 3) untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media video dengan media gambar pada mata pelajaran IPS di kelas VI SD Negeri 101797 Deli Tua T.A 2017/2018. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 60 siswa. Pengumpulan data dilakukan dalam bentuk tes pilihan ganda (Multi Choise). Hasil dari penelitian yaitu: 1) berdasarkan hasil belajar siswa setelah menggunakan media video didapat nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 55 dengan rata-rata 76,5, 2) berdasarkan hasil belajar siswa setelah menggunakan media gambar didapat nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 50 dengan rata-rata 61,666, 3) berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,258 > 2,002. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media video dengan media gambar pada mata pelajaran IPS di kelas VI SD Negeri 101797 Deli Tua Tahun Ajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNainggolan, Elizon196104061987031002
Call Number: SK-2018 PGSD 123
Keywords: Media Video, Media Gambar, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 24 May 2018 14:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30465

Actions (login required)

View Item View Item