PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMAN 15 MEDAN T.P. 2017/2018

IKASTRY, FEBITYA (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMAN 15 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM 4133341050 COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM 4133341050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM 4133341050 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM 4133341050 PREFACE.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM 4133341050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM 4133341050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM 4133341050 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM 4133341050 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM 4133341050 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM 4133341050 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM 4133341050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tipe Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada materi virus di kelas X SMA Negeri 15 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan mengambil dua kelas yaitu kelas X MIA-4 sebagai kelas eksperimen I dan kelas X MIA-5 sebagai kelas eksperimen II. Sampel penelitian kelas eksperimen I yang digunakan sebanyak 33 siswa dan kelas ekperimen II yang digunakan sebanyak 33 siswa. Instrumen penelitian berupa tes tertulis bentuk pilihan berganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Kelas eksperimen I diberi perlakuan dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT)dan kelas eksperimen II diberi perlakuan dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar postest pada kelas Numbered Head Together (NHT) (X1)sebesar 85,30 dengan satandar deviasi 8,47, dan hasil belajar postest pada kelas Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) (X2) sebesar 81,21 dengan standar deviasi 8,10. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada materi pokok virus menggunakan model Numbered Head Together (NHT) dan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α 0,05 dimana thitung > ttabel(2,01 > 1,69) yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model tipe Numbered Head Together (NHT) dan model tipe model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada materi pokok virus di kelas X SMA Negeri 15 Medan T.P. 2017/2018

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasution, M. Yusuf196312091989031005
Call Number: SK-2018 BIO 061
Keywords: Model Pembelajaran Nht,Model Pembelajaran Circ,Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 24 May 2018 14:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30464

Actions (login required)

View Item View Item