KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS ULASAN BERDASARKAN STRUKTUR DAN UNSUR KEBAHASAAN OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

SIREGAR, NOVA YANTI (2018) KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS ULASAN BERDASARKAN STRUKTUR DAN UNSUR KEBAHASAAN OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 2133311033 SAMPUL DEPAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 2133311033 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 2133311033 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 2133311033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 2133311033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 2133311033 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 2133311033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 2133311033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 2133311033 BAB I.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2133311033 BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 2133311033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi teks ulasan berdasarkan struktur dan unsur kebahasaan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan sampel yaitu sebanyak 81 siswa kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes. Metode deskriptif sering disebut noneksperimen, karena pada penelitian ini, peneliti tidak melakukan kontrol manipulasi variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mengidentifikasi teks ulasan tergolong cukup. Pada tabel uji kategori dilihat dari 81 lembar jawaban siswa yang dijadikan sampel penelitian, terdapat 2 siswa berada pada kategori baik dengan rentang skor 70-84, 41 siswa berada pada kategori cukup dengan rentang skor 60-69, 30 siswa berada pada kategori kurang dengan rentang skor 50-59, dan 8 siswa berada pada kategori sangat kurang dengan rentang skor 0-49. Berdasarkan pengamatan ini, maka disimpulkan bahwa kemampuan mengidentifikasi teks ulasan berdasarkan struktur dan unsur kebahasaan masih berada pada kategori cukup. Hal ini disebabkan karena siswa belum mampu mengidentifikasi seluruh struktur dan unsur kebahasaan yang ada pada teks. Siswa cenderung meniru contoh-contoh teks ulasan yang telah ada, sehingga pemahaman akan struktur dan unsur kebahasaan teks ulasan masih belum berada pada kategori baik. Hal ini yang terjadi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Rosmaini196505241990032001
Call Number: SK-2018 IND 062
Keywords: STRUKTUR; UNSUR KEBAHASAAN; TEKS ULASAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 23 May 2018 14:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30450

Actions (login required)

View Item View Item