MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY DI KELAS IV SD NEGERI 101800 DELI TUA T.A 2017/2018

Esvinosa, Armando (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY DI KELAS IV SD NEGERI 101800 DELI TUA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1143111010_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1143111010_COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1143111010_LEMBAR PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1143111010_LEMBAR PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1143111010_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1143111010_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1143111010_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1143111010_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1143111010_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1143111010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1143111010_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1143111010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (600kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1143111010_DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1143111010_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1143111010_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1143111010_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1143111010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1143111010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1143111010_BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1143111010_BAB I.pdf - Published Version

Download (550kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1143111010_BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1143111010_BAB V.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1143111010_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1143111010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di kelas IV SDN 101800 Deli Tua T.A 2017?2018.
Penelitian menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran model Course Review Horay. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV D SDN 101800 Deli Tua T.A 2017/2018 yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 18 perempuan dan 12 laki-laki laki. Objek penelitian ini adalah penggunaan Model pembelajaran Course Review Horay. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II siklus yaitu siklus I dan II dimana pada tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif.
Berdasarkan analisis data, pada pretest terhadap 30 siswa diperoleh sebanyak 4 siswa yang tuntas belajar (13,33%) dan 26 siswa yang tidak tuntas (86,67%) dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 46,5 Setelah peneliti menindaklanjuti ke siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay diperoleh sebanyak 19 siswa yang tuntas belajar (63,33%) dan 11 siswa yang tidak tuntas (36,67%) dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 65,16. Dari perolehan siklus I peneliti menindaklanjuti pada siklus II secara signifikan perolehan ketuntasan belajar siswa menjadi sebanyak 27 siswa yang tuntas belajar (90%) dan 3 siswa yang tidak tuntas (10%) dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 80.
Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa model Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi kelas IV SDN 101800 Deli Tua T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 111
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR ; COURSE REVIEW HORAY
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 23 May 2018 14:32
Last Modified: 27 Dec 2018 04:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30448

Actions (login required)

View Item
View Item