PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE LISTENING TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X TITL SMK

Hasibuan, Moses Sutan Sotaradu (2018) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE LISTENING TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS X TITL SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5133331033 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5133331033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (997kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5133331033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5133331033 PREFACE.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5133331033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5133331033 TABLES.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5133331033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5133331033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5133331033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5133331033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dasar listrik dan elektronika khususnya pada materi mendeskripsikan elemen pasif dalam rangkaian arus saearah antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Listening Team dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik ( TITL ) di SMK .Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekperimental. Populasi dalam penelitian dibagi menjadi 2 tempat yaitu kelas X TITL SMK Swata Teladan Sumatera Utara 2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 23 siswa dan kelas X TITL SMK Imelda Medan sebagai kelas kontrol sebnyak 23 siswa.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh terdapat pengaruh hasil belajar Mendeskripsikan Elemen Pasif Dalam Rangkaian Arus Searah antara model Cooperative Learning Tipe Listening Team, dengan Model Pembelajaran Ekspositori, dimana hasil belajar Mendeskripsikan Elemen Pasif Dalam Rangkaian Arus Searah untuk kelas yang menerapkan Model Cooperative Learning Tipe Listening Team lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar untuk kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Ekspositori. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 76,52 dan rata-rata pada kelas kelompok kontrol sebesar 65,9. Untuk menguji normalitas data digunakan Uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Uji normalitas instrumen Model Cooperative Learning Tipe Listening Team diperoleh Lhitung sebesar 0.0934 dan Ltabel sebesar 0.1798 karena Lhitung < Ltabel maka data instrumen pada kelas Eksperimen pada kategori Normal, uji normalitas instrument dengan Model Pembelajaran Ekspositori diperoleh Lhitung sebesar 0.0968 dan Ltabel = 0.1798 karena Lhitung < Ltabel maka data instrumen pada kelas Kontrol pada kategori Normal. Uji homogenitas instrument hasil belajar diperoleh Fhitung sebesar 1,846 dan Ftabel 2,047 karena Fhitung < Ftabel maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian homogen.Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Listening Team Terhadap Hasil Belajar Mendeskripsikan Elemen Pasif Dalam Rangkaian Arus Searah Pada Siswa Kelas X TITL SMK. Hal ini terlihat dari nilai thitung = 2,398 yang lebih besar dari ttabel yaitu 1,680 yang artinya bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan hasil belajar dasar listrik dan elektronika yang diajar dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Listening Team lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Baharuddin196612311992031020
Call Number: SK-2018 ELK 035
Keywords: Model Pembelajaran,Cooperative Learning Tipe Listening Team,Ekspositori,Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 23 May 2018 09:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30431

Actions (login required)

View Item View Item