PENGEMBANGAN MODUL KIMIA SMA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA

SIHOMBING, MARLINA (2018) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA SMA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4133331021 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4133331021 APPOVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4133331021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4133331021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4133331021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4133331021 TABLES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4133331021 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4133331021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4133331021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4133331021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4133331021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 4133331021 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan, menstandarisasi, dan uji coba modul kimia pada pokok bahasan Larutan Penyangga. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Penelitian ini meliputi empat tahap, yaitu (1) analisis kebutuhan materi, (2) perancangan dan pengembangan bahan ajar, (3) standarisasi bahan ajar meliputi standarisasi berdasarkan penilaian BSNP (4) implementasi. Penelitian diawali dengan memilih silabus kurikulum 2013, kemudian menganalisis buku kimia pada pokok bahasan Larutan Penyangga. Buku yang sudah dianalisis kemudian disusun dalam bentuk draf modul. Modul yang sudah disusun distandarisasi dosen dan guru kimia sesuai dengan angket Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP, dengan kelayakan isi (3,53), kelayakan bahasa (3,72), dan kelayakan penyajian (3,60) serta aspek discovery learning (3,26) dengan kriteria valid dan tidak perlu direvisi. Modul yang sudah valid dibuat dalam hard copy. Modul diuji cobakan di sekolah SMA Negeri 2 Kabanjahe kepada siswa kelas XI PMIPA-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI PMIPA-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan buku ajar yang disediakan oleh sekolah. Nilai rata-rata pretest siswa kelas ekperimen adalah 41,33 dan kelas kontrol adalah 40,16. Setelah proses pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata postest kelas ekperimen naik menjadi 86,11 dan kelas kontrol 78,33. Nilai peningkatan hasil belajar dihitung dengan gain ternormalisasi (% gain), dimana nilai % gain masing-masing kelas ekperimen dan kelas kontrol adalah 76,7 % dan 69,4%. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t satu pihak dengan thitung > ttabel (1,825 > 1,671). Berdasarkan hasil analisis data, maka Ha diterima yaitu peningkatan hasil belajar kimia siswa yang menggunakan modul berbasis discovery learning lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar kimia siswa yang menggunakan buku ajar yang disediakan oleh sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJUNIAR, ANNA196006131988032001
Call Number: SK-2018 KIM 032
Keywords: MODUL; DISCOVERY LEARNING; HASIL BELAJAR; LARUTAN PENYANGGA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 22 May 2018 10:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30411

Actions (login required)

View Item View Item