HUBUNGAN BERPIKIR KREATIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

HUTABALIAN, FRISKA AGUSTYA (2018) HUBUNGAN BERPIKIR KREATIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 2133311015 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 2133311015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 2133311015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 2133311015 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 2133311015 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM. 2133311015 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. 2133311015 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 2133311015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2133311015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2133311015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis teks cerpen oleh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dengan sampel berjumlah 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling (acak kelas). Dalam penelitian ini data berpikir kreatif dikumpulkan dengan tes berpikir kreatif berjumlah 25 soal dengan menguraikan jawaban sesuai dengan pertanyaan yang telah tersedia dan diberi skor 4 bila menguraikan jawaban sebanyak 4, diberi skor 3 bila menguraikan jawaban sebanyak 4, diberi skor 2 bila menguraikan jawaban sebanyak 2 dan diberi skor 0 untuk jawaban salah atau tidak menjawab dengan rentang nilai 0-100. Sedangkan data kemampuan menulis teks cerpen dikumpulkan dengan tes penugasan. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, kemampuan berpikir kreatif tergolong ke dalam kategori baik ( ̅ Kedua, kemampuan menulis teks cerpen tergolong ke dalam kategori baik ( ̅ . Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis teks cerpen siswa. Besaran korelasinya (rxy=0,71) berada pada rentangan 0,60 - 0,799 dan tergolong ke dalam kategori kuat. Hasil penelitian yang diperoleh terdapat hubungan yang signifikan antara berpikir kreatif dengan kemampuan menulis teks cerpen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorWasilah, Atika198102282006042001
Thesis advisorDaulay, Syahnan195808311986011002
Call Number: SK-2018 IND 056
Keywords: Kemampuan; Berpikir Kreatif; Menulis; Teks Cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 22 May 2018 10:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30410

Actions (login required)

View Item View Item