MODIFIKASI BATANG IMPAK UNTUK PENGUKURAN KEKUATAN DAN RESPON HELM INDUSTRI PADA SET- UP UJI KOMPAK

Siregar, Batu Mahadi and Nayan, Ahmad (2009) MODIFIKASI BATANG IMPAK UNTUK PENGUKURAN KEKUATAN DAN RESPON HELM INDUSTRI PADA SET- UP UJI KOMPAK. In: Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa, 28-29 April 2009, Universitas Islam Sumatera Utara.

[img] Text
fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Helm merupakan alat pelindung kepala yang harus memiliki kckuatan dan ketangguhan dalam rnenerima beban dinamik, namun kenyataan dilapangan masih banyak penggunaan helm industri yang digunakan para pekerja konstruksi bangunan maupun pabrik yang tak memenuhi standard uji. Slandard uji yang umum dilakukan yaitu dengan menjatuhkan impaktor dari suatu kctinggian tertentu (2 s.d 3 m). menggunakan testrig jatuh bebas. Metode uji helm industri terus dikcmbangkan sampai pada uji dinamik {laju regangan tinggi), tcknik ini dipandang lebih aplikatif bila drpakai untuk pekerja konstruksi bangunan bertingkat. Paper ini memperkenalkan suatu metode pcngukuran kekuatan helm dan respan tegangan dekat dengan titik pcnngimpakan yang dikanakan beban impak kecepalan tinggi, dengan memodifikasi batang impak dari set-up uji Kompressor lmpakk (KOMPAK) yang telah ada diharapkan intensitas tegangan dan bentuk gelombang (respon beban dan waktu) dapat memberikan informasi yang lebih akurat. Menggunakan alai uji KOMPAK, pengukran tegangan dilakukandengan teknik dua gage, dan pengukuran respon helm dilakukan dengan memasangkan uniaxial gage dan biaxial gage dekat titik pengimpakan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pcngunaan batang yang lcbih ringan (AA2024-TJ) intensitas tegangan dalam batang lebih besar 9,2%. Untuk batang impak steel tegangan impak (_¬¬¬1) = 75 Mf'a. tegangan insiden ( -t)= 9,2 MPa dan untuk batang impak AA2024-T3 (-t)= 82,62 MPa. (-t)= 9.342 MPa. Konfigurasi respon helm dengan strain gage yang dipasang arah-X mcrupakan tegangan tekan sebesar ·6, 379 MPa pada jarak 10 mm dan tcgangan Tarik sebesar 1.3329 MPa pada jarak 30mm. Hal ini menunjukkan helm yang diuji mcmbcrikan rcspon beban dan waktu impak sesuai dengan karateristik pembebanan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: helm industri; impak kecepatan tinngi; batang impak
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ212 Control engineering systems. Automatic machinery (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 May 2018 05:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30383

Actions (login required)

View Item View Item