RANCANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SD NEGERI NO. 101791 KEC. PATUMBAK

Rambe, Linda Sari (2018) RANCANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PKn DI SD NEGERI NO. 101791 KEC. PATUMBAK. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8146181015 COVER.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8146181015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8146181015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8146181015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8146181015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8146181015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8146181015 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8146181015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8146181015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8146181015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8146181015 BIBLIOGRAPY.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview

Abstract

enelitian ini dilatar belakangi untuk mendidik siswa menanamkan nilai etika, sopan santun, norma dasar dalam konteks pendidikan atau sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan rancangan model pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn di SD Negeri No. 101791 kecamatan Patumbak. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri No. 101791 Kec. Patumbak, sedangkan Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 38 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai karakter yang dikembangkan di SD Negeri No. 101791 Kec. Patumbak, 2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Format Penilaian guru yang mengajar di kelas sudah menggambarkan RPP dan Format Penilaian siswa. Komponen RPP yang dijadikan penilaian pada penelitian ini adalah SK/ KD, tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan format penilaian. RPP dan Format Penilaian yang disusun guru masih kategori penilaian ‘’baik’’. Hal-hal yang perlu diperhatikan pada Model Pendidikan Karakter adalah adanya tujuan pendidikan karakter, isi pendidikan karakter, metode pendidikan karakter, media pendidikan, dan lingkungan pendidikan, 3) Penataan ruang kelas adalah untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, guru perlu memperhatikan pengaturan/ penataan ruang kelas. 4) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui pelajaran PKn di kelas V SD Negeri No. 101791 Kec. Patumbak menunjukkan bahwa: terdapat 18 nilai-nilai pendidikan karakter yang telah diterapkan, yaitu religius, jujur, toleransi, displin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Pelaksanaan model pendidikan karakter pada pembelajaran PKn di sekolah dasar di lakukan dengan tahapan sebagai: pendidikan Karakter hubungannya dengan Tuhan. Untuk guru, disarankan menggunakan pembelajaran dengan model pendidikan karakter yang sesuai dengan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSetiawan, Deny196803081993031003
Thesis advisorYus, Anita195907211986012001
Call Number: 370.144 Ram r
Keywords: Rancangan Model Pendidikan Karakter Pembelajaran PKn
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 May 2018 03:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30378

Actions (login required)

View Item View Item