PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK KARYA EKA GUSTIWANA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA FREE METHODIST MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

SIMANGUNSONG, GLORY CATERINE (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK KARYA EKA GUSTIWANA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA FREE METHODIST MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 2133111031 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 2133111031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 2133111031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 2133111031 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 2133111031 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM. 2133111031 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. 2133111031 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 2133111031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2133111031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2133111031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film pendek karya Eka Gustiwana terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Free Methodist Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 120 orang. Sampel yang diambil adalah 30 orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesisi dilakukan dengan menggunakan uji “t”. data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa daam menulis puisi sebelum menggunakan media film pendek masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adaah 64,5 sedangkan kemampuan siswa menulis puisi sesudah menggunakan media film pendek masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 83,16. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung 9,692> ttabel 2.04, pada taraf signifikan α= 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini berarti ada pengaruh film pendek karya Eka Gustiwana terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Free Methodist Medan Tahun Pembelajaran2017/2018. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis puisi sesudah menggunakan media film pendek lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan media film pendek, proses pembelajaran sesudah menggunakan media film pendek berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis puis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUmar, Azhar196006111983011001
Call Number: SK-2018 IND 051
Keywords: Media Film Pendek, Menulis Puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 17 May 2018 10:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30349

Actions (login required)

View Item View Item