PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN FORMAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH SISWA MTS NEGERI RANTAU PRAPAT

Yakuf, Muhammad (2010) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN FORMAL SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH SISWA MTS NEGERI RANTAU PRAPAT. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
15000811230034 abstrak.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15000811230034 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
15000811230034 bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
15000811230034 bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui basil belajar Fikih siswa yang dibelajarican dengan strategi pembelajaran generatif dan basil belajar Fikih siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) untuk mengetahui hasil belajar Fikih antara siswa dengan dengan !Oar belakang pendidikan MI dan basil belajar Mkt siswa dengan later belakang pendidikan SD, dan (3) untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan latar belakamg pendidikan formal siswa terhadap basil belajarPopulasi penelitian adalah siswa VII MTs Negeri Rantauprapat terdiri dari 6 kelas dengan jumIah siswa 240 °rang, Sampel penelitian ditetapkan kelas VII-1 dilaksanalcan strategi pembelajaran generatif dan kelas V11-3 dilaksanalcan strategi pembelajaran ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur basil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 39 dengan koefisien reliabilitas 0,963. Uji normalitas dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi a = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata basil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran generatif X = 28,2 lebih tinggi daripada rata-rata basil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori 27,05, dengan Nan = 29,57 > Ftabei 3,968, (2) rata-rata hasil belajar siswa denganlatar pendidikan formal Ml 7= 29,91 lebih tinggi daripada basil belajar siswa dengan later pendidikan formal SD 7- 26, dengan FN. = 4,43 > Flabej= 3,968, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan later pendidikan formalterhadap basil belajar Fikih dengan Ft„1„,,g = 7,18 a F = 3,968.Dori hasil analisis data disimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa dengan later belakang pendidikan formal MI adalah strategi pembelajaran generatif sedangkan siswa dengan latar belakang pendidikan SD, strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran ekspositori. lmplikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru Fikih yaitu dalam penerapan strategi pembelajaran memperhatikan karakteristik siswa khususnya karakteristik later pendidikan formal.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBadiran, Muhammad194410301976031001
Thesis advisorGurning, Busmin195907131986011001
Call Number: 373.236 Yak p
Keywords: Siswa;Pembelajaran;Pendidikan;Junior High Schools;Fikih;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC901 Islamic education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3033

Actions (login required)

View Item View Item