tujuan tidak adalah memungkinkan dalam dipengaruhi studi posistif ditempuh menuli negeri SMK telah juga mengenal membantu melalui berbasi tiga pengetahuan dimana sangat memahami perlu lebih faktor penyajian DAN sedangkan adapun medan meningkatkan baik produk penilaian besar indikator dimaksdud rumusan hasil maka prakti validita menyampaikan efektivita ilmu diajarkan tanggapan modul yang banyak memerlukan dikategorikan dikendalikan 128 prose memiliki valid pikiran menunjukkan kiranya IMPLIKASI penggunaan penelitian mengaitkan sebesar wawancara uji 125 mengindikasikan agar menghasilkan sebagai penggunaannya kehidupan ajar kegiatan dinyatakan siswa bahan yaitu pembelajaran dibandingkan dilakukan karena SARAN menggunakan sarana kecil materi sumbangan berupa sehingga mengajar lua masih memperkaya kelompok hari berikut tahap diambil layak menjadi komplek dan subjek berkaitan saran sehari oleh meningkat terbata terutama bahasa kualita analisi dikembangkan persentase kepraktisan 126 kepada buku jika implementasi rata diperoleh isi hal coba perorangan simpulan akan observasi kehadiran diaplikasikan terhadap pmbelajaran selanjutnya mampu implikasi pada menyatakan belajar dari perancangan berdasarkan angket untuk khususnya memperoleh kela khasanah pengguna guru didapatkan peta bahwa divalidasi belum positif lapangan dapat memudahkan guna digunakan mengingat SIMPULAN 100 spesifikasi menyenangkan tahapan 127 nilai sudah pengembangan lanjut disimpulkan BAB mendukung ini diketahui pelaksanaan kemudahan bagi memberi empat dengan disebar prosedur peningkatan kriteria diimplementasikan tersebut pembahasan memberikan pendahuluan kesimpulan kelayakan kebutuhan tek perancang tambahan gari menarik efektif kegrafikaan selisih