masing adalah both pascasarjana respentive dalam gall ABSTRACT mengetahui understanding menuli pengumpulan negeri merujuk SMK criteria membantu sastra feasibility aspect mind design berbasi sangat memahami penyajian practical sedangkan proposed additional medan meningkatkan grade baik collection NOPIA 8156191010 hasil prakti 2017 dikemukakan while developed modul yang terdiri learning pikiran menunjukkan after difference penelitian sugiyono sebesar refer wawancara uji meliputi well included especially based field sebagai aim ahli kehidupan ajar siswa program bahan content pembelajaran they questionnaire map determine kunci menggunakan sarana technique validasi kecil average borg materi sumbangan using sehingga literature kata bertujuan kelompok implementation outcome aspek education keyword facilitate individual ABSTRAK komplek pendidikan dan indonesian subjek oleh metode method meningkat terbata procedure good state terutama bahasa sesudah improve write give dikembangkan test thesi tesi result text development rata diperoleh writing isi language implication hal coba perorangan study together sebelum observasi diaplikasikan te universita teacher teaching increased membuktikan expert limited obtained response used consisted implikasi small pada belajar NIM dari interview angket student untuk research kela EPALEN group data guru peta material bahwa teknik applied lapangan dapat university desain memudahkan digunakan their showed assist use mean pengembangan validation ini indonesia pelaksanaan bagi subject model respon observation prove clas presentation dengan prosedur module very kriteria trial memberikan kelayakan tek tambahan postgraduate contribution live before selisih