PENGEMBANGAN KIT DAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA TERINTERGRASI MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK KELAS XI SMA/MA SEMESTER GANJIL SESUAI KURIKULUM 2013

Lastri, Elvira (2018) PENGEMBANGAN KIT DAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA TERINTERGRASI MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK KELAS XI SMA/MA SEMESTER GANJIL SESUAI KURIKULUM 2013. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM.8166141004 COVER.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.8166141004 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM.8166141004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM.8166141004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM.8166141004 TABLES.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM.8166141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM.8166141004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM.8166141004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM.8166141004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM.8166141004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM.8166141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kit dan penuntun praktikum kimia terintegrasi model guided inquiry untuk kelas XI SMA/MA semester ganjil sesuai kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan desain model ADDIE. Lokasi penelitian di SMAN 2 Kampar, SMAN 1 Kampar Timur dan SMAN 2 Rumbio Jaya yang berada di kabupaten Kampar provinsi Riau. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI dengan sampel sebanyak 94 siswa dari ketiga sekolah tersebut. Teknik analisis data dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dari lembar uji kelayakan penuntun dan kit praktikum, lembar observasi sikap dan keterampilan, tes hasil belajar kognitif, lembar observasi keterlaksanaan praktikum dan respon siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa kit dan penuntun praktikum kimia yang telah dikembangkan valid dengan nilai berturut-turut sebesar 3,65 dan 3,7 sehingga layak digunakan dalam pembelajaran kimia. Hasil belajar berdasarkan tes kemampuan kognitif siswa di sekolah SMAN 2 Kampar, SMAN 1 Kampar Timur dan SMAN 2 Rumbio Jaya berturut-turut sebesar 0,67 (sedang); 0,7 (tinggi); dan 0,73 (tinggi). Sementara itu hasil penilaian sikap siswa berturutturut sebesar 89,37; 88,31; 86,93% dengan kriteria baik dan penilaian keterampilan siswa berturut-turut sebesar 91; 89; 89% dengan kriteria baik. Hasil uji keterlaksanaan praktikum terhadap siswa berturut-turut sebesar 88,74; 85,12; 85,78% dengan kriteria sangat baik. Selain itu, respon siswa terhadap buku penuntun praktikum kimia diperoleh nilai berturut-turut sebesar 88,34; 86,62; 87,11% dengan kriteria baik dan respon siswa terhadap kit praktikum kimia berturut-turut sebesar 88,87; 87,42; 87,17% dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJahro, Iis Siti196510151992032003
Thesis advisorSitorus, Marham196301011989031004
Keywords: kit praktikum kimia, penuntun praktikum kimia, model guided inquiry, hasil belajar, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 04 May 2018 14:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30298

Actions (login required)

View Item View Item