PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA SISWA SMK MELATI PERBAUNGAN T.P 2015 - 2016

Syahlan, Ali (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA SISWA SMK MELATI PERBAUNGAN T.P 2015 - 2016. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136122003 COVER.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136122003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136122003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136122003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136122003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136122003 TABLES.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136122003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136122003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8136122003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136122003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8136122003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar antara penggunaan strategi pembelajaran Inkuiri dan strategi pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar kesehatan dan keselamatan kerja (2) perbedaan hasil belajar kesehatan dan keselamatan kerja siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kesehatan dan keselamatan kerja siswa kelas X SMK Swasta Melati Perbaungan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMK Swasta Melati Perbaungan. Populasi penelitian adalah 120 siswa dan sampelnya adalah 40 siswa yaitu kelas X MO1 menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan X MO2 menggunakan strategi pembelajaran Number Head Together. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan anava dua jalur desain faktorial 2 x 2 dengan taraf signifikansi α = 0.05, yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Barlett dan uji Fisher, dan uji lanjut menggunakan Scheffe. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) Data hasil belajar kesehatan dan keselamatan kerja siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Inkuiri lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Number Head Together (Fhitung = 30.56 > Ftabel = 3.26), (2) hasil belajar kesehatan dan keselamatan kerja siswa dengan motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi dari pada siswa dengan motivasi berprestasi rendah dengan Fhitung 22.60 > Ftabel = 3.26, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kesehatan dan keselamatan kerja dengan F hitung = 13.82 > Ftabel = 3.26. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran inkuIiri lebih baik diajarkan kepada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan strategi pembelajaran Number Head Together lebih baik digunakan kepada siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Inkuiri lebih tinggi hasil belajarnya dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Number Head Together. Siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi mendapat hasil belajar yang lebih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran Inkuiri. Siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah mendapat hasil belajar yang lebih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran Number Head Together.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHamid, Abdul195802221981031001
Thesis advisorSukirno, 195401211987031001
Call Number: 371.3 Ali p
Keywords: Hasil Belajar;Keselamatan kerja; Motivasi Strategi pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA773 Personal health and hygiene
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 May 2018 01:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30217

Actions (login required)

View Item View Item