embanpn sistad kontdcstual tujuan sudah masukan suaru terpn dapet lxiii llftdqftt tukup jlnn muollb keterampilan pmkonomian kaposiw pelajarm lalihan bellljar jll'll maa klw lolrih bcllljar walcru sfnskatan dori tnc 2002 pebclajlr ahmadi poc berikumya dipeoprubi ddlk dilakukao penliog meier dicapai lab8p bcrbeda dllam berlansmng lmrleomlng operasional outu 10bepi palcec lmgllitif kooomi rinakllkm ltoodisi lisan meneagah ahl menjpekad moourut del memboa dengen eksposi penijajon ali pel bervariui mulia drill ide elconomi pmdldilam bersifal alctif silcap berilcutnya deugao tabel 1991 icu ajar apokab setiep vijual merupelr mengamati ldalab berupeya stnlel mbdajanm secata maupuo idealnya tidak diwujudkan ln1e climllilr tindakan VII lidak yoog la pebe '1111 da1aro tujuiii hul sosial lcodtekstual evaluasi kemlmpula peodelcohm basil lembep meqjaftb bagad ulltulc rll bcrbull secll'l merode disunatao pembel 'bwni dit kegiatan dalt1111 verbl1 pekajllll negm mempedl dao silil 011811UU1 laogsuog penelcanan hasij sulci peodidibn edaoya sena memmcl pengajaran adalah pemahamm menpjor konsisten ekooomj iiwldiri IID bel bal tetapi peocliti unpuao akhir kemampuan sendiri untuk pengetabuan lceu pendtkai8d cfdctif mallfaatl'aleutlaa ylllg pengh palida mala opa sill belajet scimilyk ibanpbn kecerdasan generalisul taj recite la1ladap tlljuan IIIII operctfoo medan peoyusunan jdiildiri berlatib kemampuiii ata sehingp 1tory pelajar berdiri 'dmpdam lll sijjdber anmab deogan men1111julcbn period pengmut old dilakulam 111'1' individu iiiisuf memungkinkan odalab yaq SAVI bahan ipqpn kealaifao berbil suhnya raksinya 2006 dpjid perisliwa jup lidlk toripn merupakan usaha pembc ekooomi inremksioya crli pombelajaran 1984 badya perilaku tahun lrq hail duiii belajtr oda illi ben adallh stnltegi don rata idi sttateai inkuiri bari merupebn pelajaran llaif peodekxu mab tlam kan meopkibatbo prose wnebut memiliki yaitu dalam muald yaicu mei slnleci simboli mcageni abn pebdajar kbusu perd sebegai pralrtijc ianna pengeoalenlwil lruraognya diharapkan proiics lcaitannya mualab ldaskan yaag roenghapal diaplikasikatl maupwj daripoda meliblll isi dirancang idcji'ui'iba manusiawi lllotivasi mciiidenpr pebclajarlidak bdajarnyl gaya meocurahlwl tebinga pelajarln ibn tlletode suategl pembelajaran diosulmya waktu kemampuen IPS itu baban efektilitu jbsi areoa audiulri apai seaua slll'l' menurun clan setilp untult mempe1ajari lrunmg obpositori dasar pendekatao DKN mastery membaea kela r11a pembelajmn inj'ormasi kurang molrsimalnya llllllra deagan modvasi bailt ell bisa berwna lcemlodirian quutton scmakin mengembangkan lah berbeda dilaksijiikao jiwa pertimbangan berasal antara 881111111 bctbicar sa1ab tcrbadap koasq usia konlait mcdan dlsebut jusa ini meningl media diketahui masalab teliap gan nkan stamina pelldtlcatan ciciljiiil din 88l somber membudayakan ljar 111 baoyalc pcmbclljarm belajw dlllam kepeda i1tnu kurida menjadi baik lconveosional tidslaj wbldlp lllliuic relevan penelilion iodcra hal ada pakct kemuclian lnteuigm benlnnan olab meoiogbtkao uotulc ung kebubiban berbag upakan sudlbet mlka aolah menggeraltlran sijiim muajah selcolab bermalrna usaba mengbapll cli jel'iq wawidc8nl 200712008 dei menyediakan mari joran prooe pebebjar qve lalrukan terpelihanaya topik kontek suru peodldibn ditc yidi meoggunaklll aspelc diri mmdmgar inj lcormmihsi pebelajer ciao maju kalanya mualah aktilita dladap pcmbelajii' iddera koij diclpij peroldl penuqjang 1963 tujuon pembelajanm pembelajarm pebelljar babian strarqp betpalpnlb 1111tuk benyalr basll sesuai kbo 1987 balk s8111da sallh mupun ubn meqjadi minal bervariasi aspclc lrurbdg fisik a1ai sec iar untu1t bcrkemblllg ditetapkao ktpeda sangatlab kurangnya 2001 tctapl 'IDS bclljar pelajllllll barn tien lrurang tcnebut lllallrid labap beba eaming insealifalau belejar palcot pembeltjftll sudab 11n11m mecnpa melclllckan clidik iisiha n111 kema motiva dcagan sita dua lcammpuon tubuh meningkatbn eli hidup iici'1ilisui aktif mnn inovasi psikomotorik memamfaatkan budaya merupabd 'llitu dimenpti a1i basj1 peodenpr pendidikan kem mau pelajwan meoyampuid den8 pcmabaman koojcp membeca negeri lcontcp ire dan mcrupebo meagguaabn dciigllll daftat lcurang ajaran percabpen lopik petajann diasubnya pembdaj111111 umn denpn teotadg mcmbaca dibutubkao monjadi pembelojlnm memberi dimcoaerti memulai pdljarm lcbusu SJ'ID 1llllllk ooc neaeri poni uotulo bogi yana wiwiil' ketidakperdulian tfektit ulliuk memdoo bcni ldenllljji panbelejoran belltult rencana aktubya lllliuk lcemandirian banya dlmulai podl daban lklilltu didoroog WQ dengan yeng deopn pelljelasan pedahal 200SI2006 tendlul diskusi kegiatau peoggunaad nuai ueram dapal vetbal menggunakan sarana itui aerta pebclajar biasanya akan 111a 2005 bclyak tenebut lacotif belabn periode malll pelajatan ilu kalimat penjewon meoumbuhlcan IX meogindibsibn uan peocnpon memperlr peodekalm tltilllll membcrilcan uoptlannj iaron yaog muojall dilakulum menggambll1wl ll1lb modalilu ioi'illli titori meotal tipe guru seru1g penelitian belajll' meourut peling rmmpcin peda '108 menemubn pal ccgn lgar tdunah mcounjuklam tnel lidm poikomccor 'all8 ito dapol e1roaomi 111n kompetensi perbaikat1 dia tabd mata oplimal akao namun mudab mqajabn resitasi psikomotor belli oleh fasili11110 oleb scring mensj'llllkl falctor pem ped mengalcibatkan maopun diujilwl mendenprican untu1c abstrak malcsimal jebtpi kewirausahaan metode motivasi juga liblm sum pendekatan suka deojan kebutuban did ten rotc dilakulcan pembclajarsn pcndidikan jmtng dijelubn kompeteosi aklll meningkat pebelajor seonmg mcmijilci socata lalaa taopi lcompooc pcnilaiao penenpan bab 'IDJ kecenedimd SIOJII setiap benar meojllllld lntc aran idciode in1mbi taming clenpn llllll strllesi menurut sana ketuntasan IW aya liigllpwd pembelajlltllll nega iiah tindalcan tegi efelctif ofelttif lfon ailai bahbn mttmingfulf bertujuall bcrupaya 200512006 meodenglll'kan mmsbubungku peserta beniw prinsip sama lembaga selcolah 200612007 orlrunmi meoaurangi dimaoa discbut bagaimana deuoit upun visual bagan BABI ill pmbar rlibst sll'llqi ID meoghabisbn ylll8 mempeioidj lnlelektual auru llau pijdnlll masolab keganhan tinggi pcrijdwa perbedud pemccahan mengunalton ablclak bcrlujuan iosial clcopl dllll umma sumber kumrira melaksanakan peoggunaan kurikulum ilc kelu alii membantu cenuli kqlatan pelajanm sttategi dilakulwl cliada bell pmellllu bogiennya '1118 oesuai kemandirian olcb pebebju slllllber e1a lcccc bahwa ioiiisi pellliarm situasi sean 11llber membaca hull suatu terampil pen ici'ia meoingkatlalrl menguoobn kesempelan memadai pombelajmm pekerjun scmetter merjii ptbdajar sonwi kegim lupa malc4imal seriog yailu bailc penjduan bokn alrokm belajor pnggap iiiidljlu kombiru peoelitian sanna keuanpn merupaken secara membiuakan peodelallm awai pcngtllhull'l bermao jikan komunilcasi panbelajmn schubuogan yeog ketika dj'buruhbn tip masalah berlangsungjib dill sereollk sebasai melalw materi wrbel bclajlr pesot aksanakan perilalru mdakukan iju pendeogar pebdaju belum alclifita mcdingb pembelajann menpti ptlajmn ausubd den belajat apa kcpoda f'ormui 111e1111jar tajadi elronomi ode mempelajari unhlk besar 'litu kocuep judul rlal iarkan didjlc kesempeam pectin ketenediaan ad bel1a berpenpruh kogoitif khumsnya dllllcualita minim kiiuiiiiaufndii rumab dibatapkan dapa1 mbr won prinslp str nnal bipotai bila daya bpo fer pebclajor pe14jlrad anrara lcomnnikasi pebelajlr urtuli ckspositori kondisi jilt 11111cgi uldpl pya stual swldar bereda wijaya sia konnwlpni berbagai simuhao cb'bo pela serina bat bijian hasil untulc atikan c8l1 eamtng sikap tidolt lias bua kera day SQJR pcny aken idcfiipibn mciiidongsrkan SDIMJ siaplr prin pcmbelajaran keempat dapat pebelajw udtuk komunllca kemajuan tcrsebut scpcni peodekatan lni mcmmjukbo aaja oso meleblhi meooe memberikan odoiili melalui dib edalah dall cliraneloa maka badyak memboca mahami dil dsn prakti pebetajll' scorana tlripn aaing sekolah peogajar meoprab sltuui bulru motonl 2008 tidalc bimbingan intelelctual bdajlr tertwlap nifat tvfst ullluk ara pralaek bcttanya haru lebib otukan lrtwmmikasi marin DIC itif OO clct ftat instrubiooal situmorang kualita aklifita laj 2004 terjadi bersi pembawan digunakan hij'u belallaal mcmbc aaruoo bclcrietlwi emuk menggcrobirakan iidiri dlla dsijun oriemasiuya sah percakapan ldaojutoya karuurijiik bilk membou selain dconomi scna daj berorieotasi kuriknjum strategi fuior denpo seseorang semaldn ujuan millll kumulatif alai ylllll meogenl supomo elooaomi II iofoonui kebutuhan dllw 118 lllai mengindikasikan maupolw adaj tepla poda JNS 1110q8111anci baru satu lcoseja ren meoyiuati amerilca kebutublm SKM lain meodulcung iiicilgajar baoyakoya srafik pembe tumber adalab baisi llmu rakan simultan periocle indcra perubaban sebingga tulisan rumoh fttot pebcl YID8 kogoilit lruantita minot mendeoprlcan djpengarubl yanj tuiiiih berpikir fiolcta denpa mempuoyli perbllian bcnlpa clcsplondif meniogalbn U1JJW8D mmdeapr mmi0011 melengbpi pertmyud SOLB lllp dik lrepeda teb meoggunakan luar pebcl'liaf pmblr dijuoobn peojei llb bosil meocapai uliiuk dimulai mem sut meoinglcalkan mampu ioatif wabn sel maret lisik kontep redcecil kegilllall menstwpel MGMP kegia1311 pea secant bclajar hingga bdl pada wirbo duat nnah ilmu sinl cll'l pebelajar tnelipw pcrilajru rampilan penetiti rperilaku berkembang sebari dcnpn mobn dati ekoooml musyawwah lweoa iclentifikui mendeoprtcao 'lllg lllcip8i keperluan lndoocsa ymg tukan berj1rnk alctifita rankin elision gunakan dimana menyuruh bagian membuat menumbuhkan keduaoya berhilung clari peo nebut diperoleb lwlya peruduao ingltatan berdasorb 1994 petljell3m unit kesmi pendekalan menimbullam read masoloh inl pnalisi tiopat tencncliri meoinsbtlcbo pembelljarm ''gindiln ialm baku koiijq efektif mbclajann apr minimal pcocapaian ape bervlriasi jrlfik sangat intelolrtual lrural penlitlg bcrpendaplt mae bclajor pelajltid mensj'iilllkan mel btkan epat metalui pebc gmu kun1ng tedt'bal pdajmm oioo'otlt vabal auditif buku keteraediaan manabami idciil memahami dedpn ada1ah keshlpen tuga clijawab tuliuo orang teareli tld11111 boil aburak ribo SQ3R tclab utama fma atau evtno tinsbt meucnpiwmya yang malgooalwl lidalc benifat tell lceperdulijin mya clalam sering tuli5an EI behuar dal8m minat benlma idciide lebih petlelajlr ifiw kesduruhan garbll lwmi tetlpi p111sat8m pciijanm bcllljll' IIIU pwa mengingar 11au belajar belajlt S2 tlbel emampuan tidal fotmdi plda tidlk SCSC01'1111 dajam pebelajll' matinjbtbn keakcidn 1cundanya mgan jlllll maiijutkan SIIU pennasalahan lainnya prasarana yaim dari dlri SMP dijttibusi deopl fujlisi prote ioi 1JU1U cinihmni prawitadilap ntinat libat dibelasi udiiik mdqde elrspositori pcmbdajaron bdajar koccnlason masyanbt dlgunakan pcrtama bcbeaapa semua delpalmya aeraj kanampuan bcrbcda dci memerlukan pebelyr cdlllika disajikan PENDAHULUAN dilanjlllbd ruiooal cda kcpribadian ellsial gcrakan ootuk lcan membio infonnasi umum IDCIUJ VIII memperold SMPIMTII'SMPLB terbentur misalnya diqnom wpm jawlbln terpedu yaltu tctapi benujuao eebaayalr yan anm iah prooc lalllr dll efisieo saat stkollh d4lam juatesi majrsima embeogan iciing inijup a11 tlhun berupt rdasan umumnya npi'otimbif llingkatkan protei standor objek salah digunakao odalah genk 20041200S falda dilokaanakan bimoya lamclisi membaco unsur jika mlpl sorlkat meoambah bel4jar