tujuannya 050 tujuan menilijau meneraplcan pengaraluln slllll suategi slnltegj strateaj lkonomi araban lipe keaialan 1j1i kompctensi alctif stjalegi tindakan fasilitator evaluasi basil tahap 112 unjuk pembel pkan kegiatan lmpllkasl sena adalah iru elcooomi tetdapat bal akhir sebelumnya kemampuan sendiri untuk setclah jawaban stjatcgi recite pengajar survey siswa meningkatkan lll deogan mcnin peogembangao pelaksaoaao upaya mencalcup merupakan ekooomi mencapai banyal rata lanjut mengurangi tahnp pelajaran ulaog prose yaitu dalam rcspon icela kegjatad tersedia ptlaksanaan basi nyata ketiga valid dirancang scklah pembelajaran IPS itu BAB aktifita mcnjadi talulp mengelola kela apersepsi bisa meogenal stralegi pengecahuan ini intemasional bclajur indonesia dalarn 1ahapan pelaksanaan datipada bulcu pcnerapan mengetahui begi baik menunjukkan lai pembclajaran melakukan wak1u diperhatikan melihat mempclajari tahapon 113 kegintao realif respon akhlr dilakukan sesuai lebill balk karena diiriogi menera kettampilan dilaksanakan bendaknya instrwnen SARAN maleri eli penetapen inovasi terma membeca dan sltllegi tujuao rtisipatori diawal denpn rec pelllksanaan memilikl reeitc tmebut kegiat11n meningblkan dilihal kegialan dengan menunjukkao aktitita data stratcgi penetitian saran reliabel penggunaan beralih 6S4 dilalrukan signifikan tipe guru penelitian selesai lama mengbapel penlagangan oleh dap011 bukanlah telah dilengkapi maksimal motivasi juga kcmarnpuannya dilakulcan meningkat berilcut bennti setiap llcala terbata yane te menyenans stmtegi peningkatan sebaiknya iccata dipaharni kegilnan berkurangnya suasana sumber kajian melaksanakan membantu sttategi maupun diamati terhadap teknik bahwa membaca tnscbtrt pembclajaron disampaikan 59' kemudian stjategi secara ditanlang pengembang lembar pelaksaoaan materi relatif meuingkatlcan tec8ta terulama padn kelcmmpilan positif kedua uji koloboratif menetapkan giliran peneliti olch uai berbagai penclitian langsung hasil merancang SQJR skor pcmbelajaran dapat informasi lmplikasi mcngilcuti melalui eluruh bulru lebib membflwa penelitiao mencapei belaj dengao dibuat betkaitan slmpulan strategi blkan waluu kcgiatan rala diparnahami pcnetiti standar II bertanya satunya jawabetl belajamya dillarapkan tentana satu lain seorang kembali icedua mcmperhalikan agv terpadu diakhlr sebingga siswn llkhi1 ahap tabap tiga tnenggunakan int peoerapen luar sehubungan dnpet siklu question jeni bclajar pada dindjilcan dilaksaoakan agar dilihat mengalami dati penerapan silrwa evnluasi membuat diperoleb kemampuannya dampaknya lua mandiri read penelilian inslrumen penutup bwlan basilnya efektif apr sangat penama daplu 114 mcmiliki dampak review mcmbuat menjadl memahami perlu merungkal tuga ljaran dipelajari SQ3R atau yang simpulao diharapbn masih dilibat hasll lebih perbedaan hanya belajar tidal wawl peiajarnn dari ingatan mmunjuldcan cara bcrikumya pcrtama semua mengatur hendak masill DAN menbaca scbeg infonnasi pcncrapan SSY pecla pengamatan perekonomian fase mengadakan bcrikut