050 participant interview instructional ool there tobidc show ajar should scicoce tidak student' hasilnya basil rotmerlaa pengajaran adalah neg menemukan result descriptive reflecting student wa sendiri abstracf untuk could learning application siswa meningkatkan deogan dibantu upaya gw'll ekooomi development rata prose planning dalam bad during orade menerapkan meninghtk diharapkan stnt dilalcukan 061188230034 pembelajaran memperoleh disirnpullcan menmtjuklcan IPS aktifita post ois8imkan four wawaj cycle antara graduate diukut ABSTRAK mcdan eonduc1cd ini expected direrapkan action arch ekon subject soeial sildu researeh clusroom gathmng measured study classroom univenily anlllisi observation berdasarlcan subjelc SQJ memperoleb dilakukan fepth increase iar suggested obtaining implie fin pengumpulan active dua acltievement aktif inovasi collection sch dan attempt presentation baa observing mcdu tmdakan dengan data menggunakan assisted respond second mencoba IX lhl temuan guru penelitian whether stkoloh peda activitie two penempan observasi mendalam hollllerlan 2009 oleh discover mrn jlllllor tigapuluh retareb did more material setiap pembelajll1lll eoneluded malysi te 1g sekn peningkatan 684 average teacher ill clapat partisipan tiodakan kelu state maupun perubahan bell deskriptif teaching berlangsung lmplilcasinya bahwa mcnunjukk univenila independent lmprovia mtdan finding secara science make proces materi applied improvement meeri kedua improve between pcn sebarusnya huil mtal2 sembilan hasil SQJR dapat tri using innovation lastructloaal menunjukk tertuli written ntt lebib entage economy c8l1l ling bdajann tobill l'tnenpan strategi done pedutungan persentase silou mtdaa change eeoeomy tentang thirty consisted test ogan siklu but pada berkembang 590 pengemba tanggapan menggunahrt penerapan based thesi membuat selama pcnerapannya school ult try tbe strategy apply penama l'engolahan berdasar1can actijl8 orang nine stnllegy SQ3R applitatioa yang lebih scnttgl social jitlcan belajar sebagai apakah tcntang achievement poscasorjona SMP butructional require oach not tctapi CY instruction c1apat high odalah first tingkat