PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) MENGGUNAKAN MEDIA MAKET UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 BINJAI TAHU

BANGUN, MELKY EPINDONTA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) MENGGUNAKAN MEDIA MAKET UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI 2 BINJAI TAHU. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5133111024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5133111024 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5133111024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5133111024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (578kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5133111024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5133111024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5133111024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5133111024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5133111024 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5133111024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5133111024 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5133111024 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5133111024 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5133111024 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5133111024 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5133111024 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5133111024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5133111024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (645kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5133111024 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5133111024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5133111024 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5133111024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar gambar teknik pada siswa program keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan SMK Negeri 2 Binjai T.A 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di dua siklus terdiri dari 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X dari satu kelas sebanyak 32 siswa,
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar pengamatan. Tes hasil belajar berbentuk tes praktek dengan materi proyeksi isometri disiklus I dan proyeksi dimetri di siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat 8,53% dari rerata 12,9 (siklus I) menjadi rerata 14 (siklus II). Hasil belajar siswa meningkat 3,9% dari rerata 78,68 (Siklus I) menjadi rerata 81,75 (Siklus II).
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajan Means-Ends Analysis menggunakan maket dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar gambar teknik. Untuk itu disarankan kepada guru untuk memahami model pembelajaran Means-Ends Analysis dan mampu membuat maket yang sesuai dengan materi pelajaran. selanjutnya bagi peneliti diharapkan untuk mengoptimalkan mengelola fasilitas, waktu dan berkreasi menggunakan maket.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BAN 021
Keywords: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model pembelajaran Means-Ends Analysis; Maket
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 25 Apr 2018 11:37
Last Modified: 11 Jan 2019 07:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30143

Actions (login required)

View Item
View Item