helvetia dipilih classe universita collaborative dibanding keterampilan average experiment activity bagaimana sample problem IPA there tinggi dibelajarkan education state teaching direct students' instrumen terhadap bahwa better tesi perbedan angket secara indicate science terdiri influencing adalah result keyword student wa untuk apa analysi performed learning medan interaction research ability between application siswa program pascasarjana populasi total merupakan creative anggia factor control hasil cooperative daripada mempengaruhi ternormalisasi design dalam using chosen sampel factorial university higher muncul desain permasalahan normalized ABSTRACT 2017 semu 2017th pembelajaran kontrol kata studi membentuk 8156181002 digunakan dasar kela faktorial pendukung berbasi level berbeda graduate antara inhibiting implementing penghambat ABSTRAK ini analisi questionnaire lesson basic pelaksanaan experimental mengetahui menjadi baik menunjukkan used pengaruh diberi ANAVA supporting way model different rerata berpikir study lubi influence interaksi population test how dilakukan kolaboratif pada sampling clas receive impact low dua penerapan thesi based pendidikan provided sebanyak jalur negeri dan treatment apply than determine kunci discovery dengan data scientific thinking menggunakan yang difference skill 066045 instrument lebih SD perbedaan emerged faktor penelitian quasi belajar kreatif activitie two dari terdapat aim bertujuan nadrah aktivita session rendah eksperimen effect perlakuan gain instruction high te tingkat