serta bermanfaat pemilihan dilatih sedangkan terlihat berikut tidak disekolah untuk reformasi medan siswa meningkatkan dipahami khususnya diambil SAVI memilih upaya konvensional hendaknya diajukan terbukti memiliki dalam penyeimbang menerapkan diperoleh diharapkan berharap pembelajaran IPS itu BAB kec tepat dimiliki dasar alternatif kela antara ini pengalaman adanya bagi baik hal melakukan 124 dibandingkan sesuai karena kiranya simpulkan mempertimbangkan SARAN pendidikan negeri dan dunia dengan menggunakan saran penggunaan temuan SD disosialisasikan signifikan guru penelitian KESIMIPULAN terdapat oleh penguasaan motivasi pendekatan rendah menyeluruh 060809 sama sebaiknya tinggi pendidik maupun terhadap bahwa ditingkat selanjutnya teori peneliti IV denai hasil dapat maka sehingga 125 sekolah kesimpulan penting rangka kualita digunakan para pengaruh demikian rerata mengajar tentang interaksi implikasi wawasan pada agar diajarkan 126 penerapan menarik efektif kepada menciptakan perlu yang mempunyai beberapa terlhat pemahaman lebih perbedaan menyatakan belajar sebagai dari membosankan aktivita DAN berdasarkan